Ciri-Ciri Jerawat Breakout dan Cara Mengatasinya

Apakah kamu pernah mengalami jerawat yang tiba-tiba muncul dalam jumlah banyak dan di waktu yang bersamaan? Kondisi ini disebut breakout yang menandakan kalau kulit sedang iritasi. Sebenarnya, apa sih ciri-ciri jerawat breakout?

Breakout di wajah biasanya ditandai dengan kulit yang memerah akibat peradangan dan muncul banyak jerawat. Munculnya jerawat pada breakout umumnya lebih sering terjadi pada usia remaja dan dewasa.

Apa itu Breakout? 

Pada umumnya, breakout adalah suatu reaksi ketidakcocokan kulit dengan produk skincare yang digunakan dan justru menyebabkan iritasi pada kulit. Jika produk yang dipakai tak mengandung bahan eksfoliator, kemungkinan besar masalah itu adalah breakout.

Breakout sering kali muncul pada bagian wajah yang sebelumnya jarang atau tidak pernah terkena jerawat. Biasanya mereka yang mengalami jerawat breakout memiliki kulit wajah dengan ciri-ciri jerawat yang besar pada permukaan kulit kering hingga mengelupas.

Ciri-Ciri Jerawat Breakout

Penyebab breakout terjadi akibat perawatan kulit yang kurang tepat. Tidak hanya terkait pemilihan produk perawatan kecantikan, tapi juga kebiasaan sehari-hari dalam merawat wajah. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui ciri-ciri jerawat ini, yaitu:

1. Muncul di Area Wajah Manapun

Ciri pertama yang paling umum dari jerawat breakout ialah bahwa jerawat satu ini dapat muncul di mana saja, artinya di seluruh permukaan kulit wajah bisa mengalami jerawat breakout.

Jadi, jika umumnya jerawat banyak muncul di sekitar dahi, pipi atau daerah langganan lainnya, namun jerawat breakout tersebut dapat muncul di mana saja.

2. Muncul Setelah Pemakaian Produk Wajah

Ciri-ciri jerawat breakout selanjutnya adalah jerawat yang muncul setelah kamu memakai produk kecantikan wajah, baik itu kosmetik maupun skincare, untuk yang pertama kali dan langsung menimbulkan jerawat maupun bruntusan.

Baca Juga :  7 Makanan yang Membuat Jerawat Hilang

Berapa lama waktu breakout? Masalah jerawat breakout yang muncul dalam jumlah besar biasanya membutuhkan waktu sekitar 8-10 hari untuk muncul, matang, lalu menyusut.

3. Munculnya Reaksi Kulit Lainnya

Ciri berikutnya bisa dilihat dari reaksi kulit wajah lainnya selain timbulnya jerawat jenis breakout. Dengan kata lain, jika jerawat yang muncul di kulit wajah mu juga disertai dengan adanya reaksi kulit lainnya, maka bisa jadi jerawat tersebut adalah jerawat breakout.

Reaksi kulit lainnya yang dimaksud disini seperti, gatal, kulit yang menjadi kemerahan, nyeri atau perih seperti iritasi, membengkak, terjadi peradangan pada kulit hingga jerawat mengeluarkan nanah.

Cara Mengatasi Jerawat Breakout

Setelah mengetahui cirinya, kamu juga perlu mengenali bagaimana cara mengatasi breakout pada kulit wajah dengan tepat. Berikut ini beberapa langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi jerawat breakout pada kulit wajah.

  • Rutin  mencuci wajah sebanyak 2 kali sehari setiap pagi dan malam hari.
  • Sebisa mungkin hindari menyentuh jerawat dan usahakan untuk tidak memencetnya karena dapat menyebabkan kulit terluka dan bekas jerawat menjadi susah hilang.
  • Pilih dan gunakan produk perawatan kulit wajah yang sesuai atau cocok dengan jenis kulit mu.
  • Hindari menggunakan kosmetik terlalu tebal dan produk make up yang bisa membuat wajah berminyak.
  • Kamu bisa gunakan obat jerawat yang didalamnya mengandung sulfur, asam salisilat, dan benzoil peroksida.
  • Pakai pelembab yang bebas pewangi dan berlabel non comedogenetik.
  • Jangan lupa untuk selalu terapkan pola hidup sehat, seperti beristirahat yang cukup, minum banyak air putih, dan kelola stress dengan baik agar reaksi breakout di kulit wajah cepat mereda.

Demikian ciri-ciri jerawat breakout yang telah Sapasehat sampaikan. Jika sudah melakukan semua cara di atas tapi breakout tidak ada perubahan, sebaiknya segera konsultasikan masalah tersebut ke dokter spesialis.

Baca Juga :  Jerawat di Ketiak? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

About admin

Check Also

ciri jerawat begadang

Ciri Jerawat Begadang, Inilah Cara Mengatasinya

Apa itu ciri jerawat begadang? Tahukah kamu, bahaya begadang atau kurang tidur ternyata tak hanya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *