Ciri-Ciri Jerawat Mau Sembuh yang Biasa Dijumpai

Bagaimana ciri-ciri jerawat mau sembuh? Jika kamu penasaran, perhatikan ulasan berikut ini sampai akhir. Seperti yang sudah diketahui, jerawat merupakan kondisi kulit yang sangat umum dialami oleh kebanyakan orang pada tahap kondisi dan usia tertentu.

Pada umumnya, jerawat muncul akibat adanya  penyumbatan di pori-pori kulit. Penyumbatan ini bisa disebabkan oleh produksi minyak berlebih oleh kelenjar minyak atau karena bakti. Nah, sebenarnya apa tanda-tanda jerawat akan sembuh?

Berikut Ciri-Ciri Jerawat Mau Sembuh   

Ketika jerawat mulai tumbuh di kulit wajah, terkadang kita merasa gemas dan tidak sabar untuk menyentuh dan memencet jerawatnya. Padahal dengan memencet jerawat akan dapat menimbulkan efek samping yang tidak baik.

Tidak hanya itu, memencet jerawat juga bisa berisiko terkena infeksi, meninggalkan bekas jerawat ungu atau noda hitam membandel yang sulit hilang serta jaringan kulit akan rusak karena proses penyembuhan jerawat yang dipaksakan.

Untuk itu, penting bagi kamu mengenali  bagaimana ciri-ciri jerawat di kulit wajah yang akan segera sembuh. Seperti apa ciri-cirinya? Perhatikan ulasannya yang telah kami bagikan pada artikel di bawah ini.

1. Benjolan Jerawat Terlebih Jelas   

Salah satu ciri-ciri jerawat mau sembuh yang terlihat jelas jika jerawat sudah matang adalah benjolan jerawat yang mulai membesar. Ukuran dari tiap benjolan tersebut berbeda tergantung dari jenis jerawat seperti apa yang muncul pada kulit wajahmu.

Pada jerawat batu, benjolan akan berukuran sebesar biji jagung. Sedangkan pada jerawat pasir, benjolannya tampak lebih kecil. Tetapi benjolan ini terlihat menonjol di kulit. Namun, bila jerawat yang belum matang berhenti membesar, jerawat akan timbul peradangan.

2. Warna Jerawat Mulai Memerah

Jerawat yang sudah membesar kemudian akan memerah. Kemerahan pada jerawat ini terjadi karena darah kotor yang ada di jerawat. Pada tahap ini jerawat akan mulai terasa nyeri dan juga terasa sakit jika disentuh.

Baca Juga :  Ampuh! Cara Menghilangkan Jerawat Dalam Semalam

Jerawat yang mulai memerah menunjukkan bawah jerawat sudah mulai matang. Tetapi jerawat yang matang juga dapat berwarna putih kekuningan. Ini menunjukkan bahwa di dalam jerawat berisi nanah. Darah dan nanah pada jerawat terdapat banyak bakteri.

3. Jerawat Meletus dan Mengeluarkan Cairan

Tanda inilah yang mendekati ciri-ciri jerawat mau sembuh. Jerawat yang sudah matang akan meletus dengan sendirinya. Proses jerawat matang hingga meletus memerlukan waktu beberapa hari. Nah, pada fase ini banyak orang yang tergoda untuk memencetnya.

4. Pori-Pori di Sekitar Jerawat Membesar   

Bagian kulit disekitar jerawat akan terkena dampak dari jerawat meradang ini. Misalnya saja pori-pori yang ikut membesar. Kondisi tersebut disebabkan oleh kulit yang tertarik benjolan jerawat. Tidak perlu khawatir, karena  kulit akan membaik jika jerawat pecah.

5. Jerawat Terasa Nyeri   

Jerawat yang sudah matang biasanya akan terasa nyeri serta berdenyut-denyut, bahkan saat tidak kamu sentuh sekalipun. Rasa nyeri ini disebabkan karena ukuran benjolan jerawat yang mulai besar, tapi juga menandakan bahwa jerawat siap pecah.

6. Jerawat Mengecil dan Mengering   

Jika semua isi jerawat baik  darah atau nanah sudah keluar, jerawat yang tadinya besar akan semakin mengecil. Selanjutnya jerawat mulai kering dan akan lepas dengan sendirinya. Jerawat yang dibiarkan sembuh tak akan meninggalkan bekas noda hitam di wajah.

Demikian serangkaian ulasan tentang ciri-ciri jerawat mau sembuh dari Sapasehat yang bisa kamu pahami agar tidak gegabah untuk memencet jerawat. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan kulit wajah agar jerawat tidak mampir lagi.

About admin

Check Also

ciri jerawat begadang

Ciri Jerawat Begadang, Inilah Cara Mengatasinya

Apa itu ciri jerawat begadang? Tahukah kamu, bahaya begadang atau kurang tidur ternyata tak hanya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *