Ciri Jerawat Begadang, Inilah Cara Mengatasinya

Apa itu ciri jerawat begadang? Tahukah kamu, bahaya begadang atau kurang tidur ternyata tak hanya memberi efek pada kesehatan tubuh saja. Lebih dari itu, terdapat sejumlah efek begadang bagi wajah yang sebaiknya perlu diwaspadai.

Jerawat yang tumbuh di wajah terkadang bisa membuat kepercayaan diri kita menurun. Terlebih jika jerawat muncul kian banyak setiap harinya. Lantas, apa benar begadang bisa bikin jerawat? Silahkan simak ulasannya di bawah ini.

Apa Ciri Jerawat Begadang?    

Menurut National Sleep Foundation, sering begadang memang dapat memicu timbulnya jerawat pada kulit wajah. Hal ini pun disetujui oleh Jessica Krant, MD, MPH, yaitu seorang asisten dosen klinis dermatologi dari SUNY Downstate Medical Center.

Kebiasaan begadang mengakibatkan tubuh tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan regenerasi sel, termasuk sel kulit wajah yang disebabkan oleh jerawat hormonal.

Adapun beberapa ciri-ciri yang disebabkan karena kurangnya waktu tidur sehingga dapat menimbulkan jerawat di wajah, antara lain:

  1. Muncul di saat kamu tidak sedang menstruasi.
  2. Timbul rasa gatal di dalamnya dan sulit diobati hanya dengan obat jerawat saja.
  3. Lebih cepat memerah dan dapat berkembang lebih banyak.
  4. Muncul dalam waktu yang sangat singkat, misalnya setelah kamu begadang atau sedang memikirkan banyak masalah.

Efek Begadang bagi Wajah yang Perlu Diwaspadai

Ciri jerawat begadang karena kurang tidur memang dianggap sebagai salah satu dari tiga pemicu utama jerawat, selain karena stress dan keringat. Ada kemungkinan bahwa kurang tidur dapat mengganggu hormon dan keseimbangan kimiawi di kulit wajah.

Nah, berikut adalah berbagai efek akibat begadang bagi wajah yang perlu kamu waspadai:

1. Wajah Tampak Lebih Tua

Pada saat tidur, tubuh akan memproduksi kolagen. Kegunaan kolagen tersebut dapat mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dini dengan cara menjaga kulit tetap kenyal dan kencang sekaligus menghalangi terjadinya kerutan pada wajah.

Baca Juga :  Toner untuk Bruntusan dan Bekas Jerawat

2. Timbul Jerawat di Wajah

Efek begadang juga dapat memicu penyebab jerawat pada wajah. Bagi kamu yang sudah mengalami jerawat sebelumnya, kurang tidur bisa memperparah masalah kuli satu ini.

3. Muncul Lingkaran Hitam di Sekitar Mata

Umumnya, lingkaran hitam di bawah mata atau mata panda disebabkan oleh faktor usia, stress hingga genetika. Namun, munculnya mata panda juga seringkali berkaitan dengan kurangnya waktu tidur dan kelelahan.

Cara Mengatasi Jerawat Akibat Begadang

Setelah mengetahui ciri jerawat begadang dan efek lainnya dari begadang yang perlu kamu waspadai, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasi jerawat dan bekasnya.

1. Meningkatkan Kualitas Tidur   

Peningkatan kualitas dan durasi tidur dapat membuat meringankan jerawat dan gangguan kulit lainnya. Namun, tidur lebih banyak akan terasa sulit pada awalnya, jadi lakukanlah secara bertahap.

Usahakan untuk selalu tidur yang cukup setiap harinya untuk memperbaiki efek tidur larut malam bagi wajah yang berkepanjangan.

2. Minum Air yang Banyak

Cara satu ini dapat membantu menghidrasi kulit wajah setelah begadang semalaman sehingga wajah kamu bisa terlebih lebih segar. Minum banyak air putih juga berguna untuk membantu membuang racun dalam tubuh sekaligus melembabkan kulit.

3. Pakai Obat Jerawat

Gunakanlah perawatan wajah sesuai petunjuk. Jika kulit wajah terasa kering, aplikasikan pelembab yang dibuat untuk kulit berjerawat. Hindari juga penggunaan alkohol, astringent, dan apapun yang dapat mengeringkan kulit saat sedang berjerawat.

Demikian ciri jerawat begadang dan cara untuk mengatasinya. Jika ingin terbebas dari jerawat, mulailah terapkan hidup sehat dan tingkatkan kualitas tidur. Semoga artikel Sapasehat bermanfaat dan selamat mencoba!

About admin

Check Also

cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Minyak Zaitun

Penasaran seperti apa cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun? Zaitun ialah minyak alami yang diekstrak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *