Efektif! Inilah Daun yang Bisa Menghilangkan Jerawat

Beberapa tanaman sudah banyak terbukti memiliki khasiat yang bermanfaat untuk menyembuhkan, baik untuk sakit berat atau ringan. Bagi yang memiliki masalah dengan jerawat bisa juga memanfaatkan beberapa daun yang bisa menghilangkan jerawat sebagai perawatan.

Daun yang Bisa Menghilangkan Jerawat

Bagi sebagian orang mungkin tidak mengetahui beberapa daun ini bisa digunakan untuk mengatasi masalah jerawat. Mau tahu apa saja jenis daun ini, simak lebih jauh tentang manfaat beberapa jenis daun untuk jerawat di artikel berikut ini.

Daun Jambu Biji

Bukan hanya buah jambu biji yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan, daun jambu juga jadi  daun  yang bisa menghilangkan jerawat dan komedo. Berikut manfaat daun jamu untuk mengatasi masalah jerawat.

1. Menyembuhkan Jerawat

Daun jambu biji memiliki sifat antiseptik yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Daun ini juga bisa membantu menghilangkan jerawat serta mencegah jerawat muncul kembali. 

Untuk mengobati jerawat, penggunaannya cukup dengan menumbuk  daun jambu biji sampai halus, lalu tambahkan sedikit air hingga berbentuk pasta. Oleskan pada area jerawat dan lakukan ini secara teratur untuk pengobatan jerawat.

2. Mengatasi Kulit Berminyak

Kulit berminyak sering kali jadi masalah yang menimbulkan jerawat. Untuk mengatasi kulit berminyak penggunaannya cukup dengan mencampurkan daun jambu biji yang sudah ditumbuk halus dengan jus lemon.

Oleskan ramuan ini sebagai masker pada keseluruhan kulit wajah untuk mengurangi produksi minyak berlebih. Diamkan selama 15 menit sebelum membasuhnya dengan air hangat kuku. Lakukan perawatan ini secara teratur untuk hasil yang lebih efektif.

Daun Sirih

Daun sirih sudah dari zaman dulu dikenal sebagai tumbuhan dengan manfaat kesehatan. Dan ini juga salah satu daun yang bisa menghilangkan jerawat. Berikut beberapa kegunaan daun sirih untuk mengatasi jerawat.

Baca Juga :  Sabun untuk Menghilangkan Jerawat di Punggung: Rahasia Kulit Bersih dan Sehat

1. Menghilangkan Jerawat

Daun sirih memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri. Dengan kandungan ini membuat daun sirih dapat digunakan untuk mengatasi masalah jerawat. Cara penggunaannya cukup mudah. Ambil beberapa lembar daun sirih dan haluskan hingga berbentuk pasta.

Tambahkan sejumput bubuk kunyit, lalu oleskan pada bagian yang berjerawat. Cuci wajah setelah mengering, lalu tepuk-tepuk kulit dengan halus menggunakan handuk. 

2. Menenangkan Ruam 

Masalah jerawat biasanya juga diikuti dengan ruam-ruam merah di kulit. Hal ini bisa juga diatasi dengan ramuan daun sirih. Kandungan  anti-inflamasi pada daun sirih dapat menenangkan pada ruam dan alergi pada kulit.

 Caranya penggunaanya cukup mudah. Rebus 10 lembar daun sirih, lalu diamkan hingga airnya  suam-suam kuku atau dingin. Masukan pada botol spray, dan gunakan sebagai spray wajah. 

Daun Mint

Daun mint bukan hanya cantik untuk hiasan minuman, tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya mint juga jadi daun yang bisa menghilangkan jerawat, Berikut beberapa manfaat daun mint untuk mengatasi jerawat.

1. Mengobati Jerawat

Kandungan asam salisilat dan vitamin A dalam daun mint mengontrol sekresi minyak sebum di kulit. Bagi yang memiliki kulit berminyak lebih rentan terhadap masalah jerawat. Sifat antibakteri dan antijamur dari daun mint ini mampu mencegah peradangan dan menyembuhkan jerawat.

Cara penggunaannya cukup mudah. Tumbuh semangkuk daun mint hingga menjadi pasta. Lalu oleskan pada bagian wajah yang berjerawat. Tunggu selama 15 menit atau hingga mengering. Lalu basuh wajah dengan air hangat.

2. Menyembuhkan Luka Bekas Jerawat

Sifat anti-inflamasi pada daun mint dapat bermanfaat untuk penyembuhan luka, bisa juga digunakan untuk  mengobati bekas luka kering akibat jerawat. 

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Jerawat yang Tumbuh Terus Menerus

Cara penggunaannya cukup mudah, gunakan jus dari semangkuk daun mint untuk obat oles bekas luka akibat jerawat. Lakukan secara teratur sehari 3 kali untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Penutup

Itulah beberapa daun yang bisa menghilangkan jerawat, untuk perawatan jerawat ringan daun ini cukup bisa diandalkan. Untuk jangka waktu lama, perlu dikolaborasikan dengan sabun pembersih muka dan produk anti jerawat lain. Jika jerawat sudah kronis, sebaiknya hubungi dokter untuk melakukan perawatan intensif.

About admin

Check Also

cara menghilangkan jerawat dan bekasnya sampai tuntas1

Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Sampai Tuntas: Panduan Lengkap

Jerawat dan bekasnya adalah dua masalah kulit yang umum dialami oleh banyak orang. Jerawat dapat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *