Jerawat Blackheads Bisa Diatasi dengan Mudah

Jerawat blackheads atau komedo hitam adalah tonjolan kecil berwarna gelap yang diakibatkan oleh penyumbatan pori-pori. Biasanya blackheads muncul di wajah, namun bisa juga ditemukan di bagian tubuh lainnya, misalnya punggung, dada, leher, bahu ataupun tangan.

Jerawat blackheads biasanya tidak menyebabkan nyeri seperti jerawat pada umumnya. Blackheads mudah terlihat karena warnanya gelap. Karenanya, gangguan pada kulit wajah ini bisa mengganggu penampilan.

Penyebab Blackheads

Terbentuknya blackheads disebabkan karena adanya penumpukan atau penyumbatan sel-sel kulit mati dan minyak di folikel rambut pada permukaan kulit. Akibatnya penumpukan tersebut menonjol ke luar pori-pori dan membentuk blackhead setelah teroksidasi oleh udara.

Selain itu, ada beberapa faktor lainnya yang bisa meningkatkan kemungkinan timbulnya blackhead pada kulit. Berikut beberapa penyebab jerawat blackheads terjadi:

  • Terjaadinya iritasi pada folikel rambut.
  • Adanya produksi minyak yang berlebih.
  • Terjadinya penumpukan bakteri Propionibacterium acnes di kulit.
  • Adanya perubahan hormone, misalnya saat menstruasi atau akibat mengonsumsi pil KB maupun obat-obatan tertentu.

Mengonsumsi makanan dan minuman tertentu juga dipercaya dapat memincu terbentuknya blackheads, contohnya produk olahan susu dan makanan yang banyak mengandung gula.

Cara Mengatasi Blackheads

Sebelum membahas cara mengatasi jerawat blackheads, perlu diingat bahwa Anda tidak diperbolehkan memencet atau mengeluarkan blackheads secara paksa. Tindakan ini dapat menyebabkan peradangan bahkan memperparah kondisi kulit.

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi jerawat blackheads:

1. Menggunakan Produk yang Mengandung Asam Salisilat 

Saat membeli produk perawatan rambut sebaiknya memilih produk yang mengandung asam salisilat. Kandungan ini memiliki kemampuan untuk membersihkan sel kulit mati dan juga minyak berlebih. Dengan demikian bisa lebih mudah menghilangkan jerawat blackheads.

2. Menggunakan Krim atau Lotion Retinoid

Krim yang memiliki kandungan retinoid terbuat dari vitamin A yang bisa membuka pori-pori sekaligus membantu regererasi kulit. Retinoid dapat membuat kulit Anda menjadi lebih sensitif terhadap sinar UV.

Baca Juga :  Jerawat di Dagu Pertanda Apa? Masalah Kesehatan?

Dengan demikian disarankan untuk menghindari penggunakan krim retinoid saat siang hari. Sebaiknya Anda menggunakan krim ini sebelum tidur.

3. Melakukan Chemical Peeling

Cara ini merupakan metode perawatan kulit dengan menggunakan bahan kimia, seperti asam salisilat, asam glikolat, ataupun asam retinoat. Lapisan kulit teratas akan terkelupas ketika Anda melakukan perawatan ini. Sehingga blackheads bisa teratasi dan sel kulit mati akan terangkat.

4. Menjalani Terapi Laser 

Metode perawatan kulit ini dilakukan dengan cara menembakkan laser ke kulit untuk mengurangi produksi minyak berlebih atau membunuh bakteri pada kulit. Terapi laser ini dapat mengatasi blackheads tanpa merusak lapisan kulit bagian atas.

Selain cara di atas, Anda bisa menghilangkan blackheads secara alami tanpa bahan kimia, misalnya dengan menggunakan masker telur, bubuk kopi, dan lain sebagainya.

Tips Mencegah Timbulnya Jerawat Blackhead 

Munculnya blackheads pada wajah tentu saja sangat meresahkan. Untuk mencegahnya, Anda perlu melakukan beberapa tips mencegah blackheads sebagai berikut:

  • Melakukan cuci muka 2 kali seharu, yaitu saat bangun dan sebelum tidur.
  • Membersihkan wajah menggunakan ujung jari dengan lembut. Hindari penggunaan spons atau sikat yang dapat mengiritasi kulit.
  • Usahakan terhindari dari paparan sinar matahari secara langsung.
  • Usahakan hindari menyentuh wajah jika tidak diperlukan.
  • Gunakan produk perawatan kulit yang bebas kandungan alkohol.
  • Gunakan pembersih wajah dengan scrub yang lembut, namun jika menimbulkan iritasi maka hentikan penggunaannya.
  • Pakai produk skincare yang tidak menimbulkan komedo.

Selain itu, Anda bisa menjalani pola hidup sehat sehingga dapat menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh. Biasakan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang, minum air putih yang banyak, rajin berolahraga, serta tidur yang cukup.

Jika jerawat blackheads tidak kunjung sembuh, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter jika diperlukan. Demikian pembahasan Sapasehat tentang blackheads, semoga bisa membantu Anda dalam mengatasi dan tips menghindarinya.

Baca Juga :  Mengapa Kita Tidak Boleh Menyentuh Jerawat dengan Tangan yang Kotor

About admin

Check Also

ciri jerawat begadang

Ciri Jerawat Begadang, Inilah Cara Mengatasinya

Apa itu ciri jerawat begadang? Tahukah kamu, bahaya begadang atau kurang tidur ternyata tak hanya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *