Jerawat di Alis dan Cara Mengatasinya

Jerawat dapat timbul dimana saja mau itu wajah atau tubuh, termasuk alis. Lalu, apa penyebab jerawat di alis? Simak ulasannya di bawah ini. Seperti halnya dengan area wajah lain, alis juga bisa menjadi tempat yang umum dimana benjolan jerawat bisa tumbuh.

Banyak yang bertanya, apa arti jerawat di atas alis? Timbulnya jerawat ini merupakan tanda stres pada bagian hati akibat pola makan yang tidak teratur dan stres emosional. Melansir dari beberapa sumber, terdapat sejumlah penyebab timbulnya jerawat di area alis.

Penyebab Jerawat pada Area Alis   

Meski umumnya muncul di atas permukaan kulit wajah, seperti jerawat di dahi, jerawat di pipi dan jerawat di hidung. Jerawat pada alis nyatanya juga dapat terjadi. Jerawat alis terjadi karena beberapa alasan, seperti produksi minyak berlebih dan rambut tumbuh ke dalam.

Nah, ada beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab jerawat di alis bisa muncul. Apa sajakah faktor pemicu tersebut?

  • Perubahan hormon tubuh, salah satu penyebab utama timbulnya jerawat tanpa terkecuali alis adalah perubahan hormon atau meningkatnya kadar hormon androgen.
  • Aplikator make up yang kotor, alis yang teriritasi dan berjerawat juga bisa disebabkan oleh penggunaan alat aplikasi make up yang kotor.
  • Berkaitan dengan kondisi organ liver, timbulnya jerawat pada alis bisa saja menandakan kondisi organ hatimu. Ketika fungsi hati berubah, maka jerawat liver dapat muncul di area alis.
  • Rambut tumbuh ke dalam, rambut yang tumbuh ke dalam bisa menjebak kotoran, sel kulit mati, dan bakeri dalam folikel rambut hingga akhirnya berkembang jadi kista mirip jerawat.

Bagaimana Cara Mengobatinya? 

Meskipun jerawat di antara mata tersebut bisa sangat mengganggu, namun kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara untuk menghilangkannya, seperti berikut ini:

Baca Juga :  Mengapa Anak Remaja Cenderung Mengalami Jerawat: Faktor-Faktor Penyebab dan Cara Mengatasi Masalah Kulit Ini

1. Rutin Membersihkan Wajah

Sebelum kamu memakai produk perawatan kulit lainnya, membersihkan wajah menjadi sebuah keharusan. Dengan membersihkan wajah, maka busa akan mengangkat minyak dan kotoran yang menempel pada kulit wajah.

Jika perlu, kamu bisa melakukan double cleansing untuk membersihkan wajah dua kali lipat dibandingkan dengan biasanya.

2. Oleskan Salep Jerawat

Jika kamu memiliki jerawat di area alis yang ringan, cobalah oleskan obat topikal atau salep yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat. Kandungan kedua salep tersebut dapat membantu mengurangi bakteri penyebab jerawat di alis.

3. Menjaga Kebersihan Alat Make Up   

Hal ini sering sekali diabaikan, padahal menjaga kebersihan alat makeup yang kamu punya itu bisa menjadi salah satu cara alami menghilangkan jerawat yang ada pada kulit wajah.

Jadi, sebaiknya bersihkan tools brush dan alat make up lainnya setiap dua kali seminggu.

4. Lakukan Prosedur Perawatan Jerawat

Cara mengatasi jerawat pada alis atau lainnya adalah dengan melakukan prosedur perawatan  ekstraksi jerawat. Ekstraksi jerawat adalah suatu prosedur medis yang dilakukan dengan sebuah alat steril guna menghilangkan komedo blackhead dan whitehead.

Umumnya, prosedur pengobatan jerawat ini hanya dilakukan oleh dokter spesialis kulit untuk menghilangkan jerawat. Jangan kamu memencet jerawat yang ada di wajah, sebab hal ini dapat membuat peradangan pada kulit justru semakin parah.

Itulah beberapa penjelasan Sapasehat tentang penyebab dan cara mengatasi jerawat di alis yang perlu kamu perhatikan. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan sehat, mencukupi cairan tubuh dengan minum air putih 8 gelas per hari dan selalu menjaga kebersihan.

About admin

Check Also

cara menghilangkan jerawat dan bekasnya sampai tuntas1

Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Sampai Tuntas: Panduan Lengkap

Jerawat dan bekasnya adalah dua masalah kulit yang umum dialami oleh banyak orang. Jerawat dapat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *