Jerawat di Dagu Pertanda Apa? Masalah Kesehatan?

Jerawat adalah permasalahan kulit yang seringkali mengganggu wanita termasuk jerawat yang tumbuh di dagu. Jerawat di dagu pertanda apa? Hati-hati bagi kalian yang memilikinya karena bisa jadi ini berkaitan dengan penyakit lain yang diderita.

Jerawat bisa memprediksi kondisi kesehatan tubuh seseorang, namun masih banyak yang belum mengetahuinya. Ini sudah dipercaya oleh teknik Tiongkok dan Ayurveda kuno sejak dahulu. Lalu, apa saja tandanya? Simak penjelasan berikut ini.

Jerawat di Dagu Bisa Jadi Pertanda Masalah Kesehatan 

Jerawat yang muncul di dagu bisa disebabkan oleh fluktuasi hormon atau terjadi gangguan pada sistem endokrin. Selain itu, ada banyak faktor yang mempengaruhi jerawat di dagu muncul mulai dari genetika sampai bakteri yang ada pada kulit.

Langsung saja, ini arti jerawat di dagu bagi kesehatan tubuh Anda.

1. Masalah Siklus Menstruasi 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, penyebab munculnya jerawat dagu adalah fluktuasi hormon dan ini biasa terjadi di masa pubertas pada wanita atau saat mengalami menstruasi.

Adanya ketidakstabilan hormon ini menyebabkan terjadinya gangguan sistem endokrin. Pada akhirnya, hormone androgen lebih banyak diproduksi yang merangsang produksi kelenjar minyak yang berlebihan.

Minyak ini akan menyumbat pori-pori dan mendatangkan jerawat di bagian dagu.

2. Masalah pada Usus 

Selain pertanda adanya masalah mentruasi, jerawat di dagu pertanda apa lainnya karena adanya masalah di usus. Hal ini berkaitan dengan pola makan yang tidak baik.

Jika pola makan Anda tidak teratur atau sedang melakukan diet, ini bisa menyebabkan timbulnya jerawat di dagu karena akan berpengaruh pada ketidakseimbangan hormon.

Contohnya, jika Anda mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat atau produk olahan susu. Oleh sebab itu, disarankan untuk menjaga pola makan dengan mengurangi gua, roti, fast food, nasi, dsb.

Baca Juga :  Hormon Penyebab Jerawat dan Cara Ampuh Minimalisir

3. Bakteri 

Jerawat yang tumbuh di dagu merupakan pertanda adanya bakteri di kulit kita. Ini terjadi ketika Anda tidak membersihkan wajah secara teratur. Wajah yang berdebu atau menempel bekas make-up akan menyebabkan tumbuhnya kulit mati dan bakteri di kulit.

Hal ini akan menyumbat pori-pori di wajah yang menyebabkan pembentukan sebum atau minyak sehingga timbullah jerawat di dagu.

4. Rosacea 

Apa itu Rosacea? Rosacea adalah tumbuhnya rambut ke dalam kulit karena pencukuran yang tidak benar. Ini biasa terjadi di daerah dagu karena daerah ini biasanya ditumbuhi bulu atau kumis tipis. Rosacea sering terjadi pada pria.

Inilah yang bisa menimbulkan jerawat karena rambut yang tumbuh ke dalam dapat memunculkan jerawat karena kulit memerah dan biasanya terasa nyeri.

Cara Menghilangkan Jerawat di Dagu 

Ada banyak cara menghilangkan jerawat di dagu sehingga Anda tidak perlu khawatir dan panik berlebihan ketika mengalaminya. Berikut caranya:

  1. Pakai Produk Perawatan dari Kandungan Asam Salisilat. Asam Salisilat berfungsi untuk mengeringkan jerawat Anda.
  2. Konsumsi Probiotik. Probiotikbisa melawan bakteri yang berbahaya pemicu peradangan. Anda bisa memakannya dari yoghurt, kefir, dsb.
  3. Salep topikal. Salep topikal juga bisa membunuh bakteri pada kulit yang sedang bejerawat.
  4. Terapi laser. Terapi laser dan pengelupasan kimiawi juga cara yang ampuh untuk menghilangkan jerawat. Laser dapat membantumu mengurangi jumlah bakteri.

Dari pertanyaan jerawat di dagu pertanda apa? Ternyata dapat kita ketahui masalahnya. Jerawat muncul karena kondisi tubuh yang tidak baik. Untuk itu, selalu jaga tubuh tetap fit dan lakukan perawatan agar kulit tetap bersih dan terhindar dari bakteri.

About admin

Check Also

cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Minyak Zaitun

Penasaran seperti apa cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun? Zaitun ialah minyak alami yang diekstrak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *