Jerawat di Ketiak? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Jerawat adalah masalah kulit yang tampak sepele tapi cukup mengganggu, seperti halnya jerawat di ketiak. Keberadaan jerawat satu ini sebenarnya tak berbahaya. Terlebih karena letaknya yang selalu tertutup juga tidak akan mengurangi rasa percaya dirimu.

Pada dasarnya, benjolan di ketiak merupakan kondisi umum yang sering terjadi dan tidak berbahaya bagi kulit. Bahkan, jerawat ini bisa sembuh dengan sendirinya. Hanya saja, jerawat pada area ketiak selalu menimbulkan rasa sakit dan gatal.

Apa Penyebab Jerawat Muncul di Ketiak?    

Umumnya, ketiak mempunyai kulit yang tipis dan halus. Kulit ketiak juga mengandung banyak kelenjar keringat dan folikel rambut yang dapat tersumbat. Alhasil, ketiak juga dapat diserang oleh jerawat, bisul, dan masalah kulit lainnya.

Nah, terdapat beberapa faktor dan kebiasaan yang memicu timbulnya jerawat di ketiak, yaitu sebagai berikut:

1. Luka Akibat Mencukur   

Salah satu penyebab jerawat ketiak adalah adanya luka akibat pisau cukur. Sebab, sering mencukur bulu ketiak dapat meningkatkan resiko iritasi dan ruam merah pada kulit ketiak yang halus.

Selain itu, penggunaan pisau cukur yang tumpul juga meningkatkan potensi perpindahan bakteri dari pisau cukur ke kulit ketiak.

2. Folikulitis

Peradangan pada folikel rambut dapat menjadi folikulitis. Kondisi satu ini ditandai dengan benjolan kecil kemerahan yang tampak seperti jerawat. Munculnya folikulitis ketiak biasanya disebabkan oleh kondisi ketiak yang terlalu lembab.

3. Rambut Tumbuh ke Dalam   

Kebiasaan mencabut dan mencukur semua rambut pada ketiak ternyata juga berpotensi membuat rambut tumbuh ke dalam (ingrown hair). Terlebih, jika kondisi ini tidak segera ditangani dengan baik dan benar, maka dapat memicu infeksi.

Cara Mengatasi Jerawat di Ketiak

Jika tiba-tiba kamu memiliki jerawat di area ketiak, kamu dapat mengatasinya sendiri dengan langkah-langkah pengobatan yang benar. Berikut ini adalah cara mengatasi jerawat ketiak yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Baca Juga :  Apakah Dermatix Bisa Menghilangkan Bekas Jerawat

1. Menggunakan Obat Jerawat

Salah satu cara yang cukup efektif untuk mengatasi jerawat pada area ketiak adalah menggunakan obat jerawat, baik yang dijual bebas maupun dari resep dokter.

Cara kerja obat ini bertujuan untuk membunuh bakteri penyebab jerawat, menekan produksi minyak berlebih dan mengangkat sel kulit mati.

2. Mandi Pakai Sabun Antibakteri

Kamu juga bisa mengatasi jerawat di ketiak dengan memakai sabun mandi yang memiliki kandungan benzoil peroksida atau asam salisilat. Asam salisilat dapat mengelupas kulit di sekitar folikel rambut dan meminimalisir kotor kulit terperangkap ke dalam kelenjar.

3. Kompres dengan Air Hangat   

Mengompres jerawat yang ada di area ketiak kiri atau kanan bisa menjadi cara mudah menghilangkan jerawat. Langkah tersebut bisa membantu meringankan rasa nyeri dan tidak nyaman akibat jerawat pada ketiak.

Kamu dapat menggunakan handuk atau kain bersih yang telah dibasahi air hangat selama 15-20 menit, kemudian tempelkan pada kulit ketiak yang berjerawat.

4. Hindari Deodoran Beralkohol   

Menggunakan deodoran yang mengandung alkohol memang bisa membuat area ketiak terasa lebih segar. Akan tetapi, kandungan alkohol pada deodoran dapat memicu iritasi pada kulit, terutama jika kulitmu termasuk yang sejenis sensitif.

Saat kulit ketiakmu sedang berjerawat, kamu harus menghindari pemakaian deodoran yang didalamnya terdapat alkohol. Pasalnya, paparan alkohol hanya akan membuat jerawat mengalami iritasi dan membuatnya semakin nyeri.

Demikian penyebab dan cara mengatasi jerawat di ketiak dari Sapasehat yang bisa menjadi informasi yang tepat untuk kamu jika sedang mengalami masalah yang serupa. Jika kondisi jerawat semakin parah, sebaiknya segera konsultasi ke dokter terdekat.

About admin

Check Also

ciri jerawat begadang

Ciri Jerawat Begadang, Inilah Cara Mengatasinya

Apa itu ciri jerawat begadang? Tahukah kamu, bahaya begadang atau kurang tidur ternyata tak hanya …

Leave a Reply

Your email address will not be published.