Jerawat di Payudara Tanda Apa? Kanker Atau Bukan

Jerawat sering muncul di wajah, namun tidak menutup kemungkinan bisa muncul di tempat lainnya. Salah satunya adalah jerawat di payudara. Sebenarnya jerawat di payudara tanda apa? Apakah berbahaya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Banyak orang yang takut ketika muncul jerawat di bagian payudara. Orang-orang akan menghubungkannya dengan kanker. Namun, hal itu belum tentu gejala kanker. Bisa saja memang karena jerawat biasa. Untuk mengetahui bedanya, berikut penjabarannya.

Perbedaan Kanker dan Jerawat Payudara

Anda bisa melihat perbedaan yang mendasar antara kanker payudara dan jerawat biasa. Jerawat umumnya muncul karena adanya infeksi dan peradangan yang ada di folikel rambut. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor.

Ada karena minyak berlebih, kotoran, hormon, dsb. Hal ini bisa membuat pori-pori tersumbat sehingga menyebabkan benjolan jerawat. Jerawat di payudara tanda apa juga bisa karena kanker.

Sedangkan ciri dari kanker payudara yaitu munculnya benjolan kecil seperti jerawat di payudara. Namun, Anda perlu mewaspadainya jika memiliki ciri seperti berikut:

  1. Benjolan kecil seperti jerawat di areola yang keras ketika diraba.
  2. Tampak semakin membesar tiap harinya.
  3. Lama-kelamaan terasa sakit.
  4. Tidak membaik. Tidak hilang meskipun sudah berhari-hari.

Itulah gejala yang timbul ketika kanker payudara. Sedangkan jerawat, cirinya akan tampak biasa saja dan tidak memiliki gejala seperti di atas.

Gejala Lain Kanker Payudara

Jerawat di payudara tanda apa? Ini bisa diartikan sebagai kanker atau jerawat biasa. Tanda bahwa jerawat tersebut adalah kanker payudara bisa dilihat dari ciri lain yang mengikuti kemunculannya.

Adapun gejala yang biasanya terjadi adalah perubahan bentuk ukuran payudara dan warna kulit.

Anda juga bisa melihatnya dari perubahan pada puting sampai munculnya cairan di puting meskipun tidak sedang melahirkan atau hamil.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Noda Bekas Jerawat Dalam 1 Malam

Penyebab dan Jenis Jerawat

Jika Anda mengalami jerawat biasa di payudara, perlu dipelajari penyebabnya. Bisa terjadi karena hormon yang umumnya pada masa menstruasi. Penyebab lainnya karena adanya infeksi bakteri, udara lembap dan panas, atau karena masalah stress.

Kenapa seperti ada jerawat di payudara? Penyebab jerawat juga bisa terjadi ketika sedang di masa melahirkan anak. Hal ini karena payudara bisa mengalami jerawat karena infeksi jamur ketika anak menyusui

Cara menghilangkan jerawat di payudara bisa dengan menjaga kebersihan payudara dengan memakai sabun lembut. Selain itu, bisa dengan mengoleskan salep untuk jerawat di payudara, dan sering ganti baju jika sudah berkeringat.

Jenis jerawat terbagi menjadi beberapa macam. Jenis ini bisa tumbuh juga di payudara. Oleh sebab itu, Anda perlu mengenalinya agar bisa tahu jenis jerawat yang muncul dan bukan pertanda gejala kanker payudara.

1. Komedo Putih

Jerawat yang terbentuk karena penumpukan bakteri dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

2. Komedo Hitam

Merupakan jerawat yang disebabkan karena folikel rambut tersumbat.

3. Papula

Jika jerawat di payudara berwarna kemerahan, maka itu bisa mengindikasikan termasuk dalam Papula.

4. Pustula

Pustula adalah jerawat yang juga berwarna kemerahan namun di tengahnya ada nanah sehingga ini perlu penanganan khusus. Jangan sekali-kali memencetnya agar nanah tidak menginfeksi bagian lainnya.

5. Nodul

Jerawat besar dan biasanya sedikit nyeri saat disentuh.

6. Kista

Kista adalah jerawat yang perlu Anda waspadai. Hal ini karena jerawat ini memiliki ciri bernanah dan terasa sedikit besar serta berat.

Jadi, jerawat di payudara tanda apa bisa karena kanker atau memang jerawat biasa. Anda perlu mengetahui perbedaannya seperti di atas. Untuk lebih yakin, silahkan konsultasikan dulu ke dokter.

Baca Juga :  Cara Agar Wajah Mulus Tanpa Jerawat dan Komedo

About admin

Check Also

cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Minyak Zaitun

Penasaran seperti apa cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun? Zaitun ialah minyak alami yang diekstrak …

Leave a Reply

Your email address will not be published.