Jerawat Purging Seperti Apa? Simak Ciri-cirinya

Jerawat yang muncul di wajah memiliki bentuk dan jenisnya yang berbeda-beda. Ada jerawat batu, breakout, sampai dengan jerawat purging. Lalu jerawat purging seperti apa? Jerawat ini memiliki ciri khas yang membedakan dengan jerawat lainnya.

jerawat purging seperti apa

Purging itu seperti apa? Purging adalah kondisi dimana kulit akan beradaptasi terhadap produk skincare yang baru dipakai. Saat mengalami purging inilah biasanya disertai dengan munculnya bintik kemerahan sehingga disebut sebagai jerawat purging.

Ciri-ciri Jerawat Purging

Jerawat purging ini muncul akibat dari memakai skincare baru. Perlu diketahui, jerawat ini adalah efek dari proses pembersihan kulit mati. Jerawat yang sebelumnya menyumbat pori-pori akan muncul ke permukaan.

Inilah yang menyebabkan saat pemakaian skincare pertama, kulit mengalami jerawat. Jerawat ini sering disamakan dengan breakout. Padahal, keduanya memiliki perbedaan yang mendasar. Perbedaannya dari segi bentuk dan lamanya dari jerawat tersebut.

Purging disebabkan oleh pemakaian skincare yang memiliki kandungan tertentu. Kandungan itu bisa memuncul timbulnya jerawat. Kondisi jerawat purging sering terjadi pada jenis kulit yang cenderung berminyak.

Sedangkan Breakout lebih disebabkan oleh kandungan skincare yang memiliki bahan aktif pembasmi jerawat contohnya asam salisilat. Selain itu, ciri-ciri jerawat breakout dapat dilihat dari durasinya lebih panjang (4-8 minggu) dibandingkan dengan jerawat purging.

Untuk mengetahui ciri-ciri jerawat purging seperti apa dan penyebabnya, berikut akan dikupas lebih lanjut.

1. Jerawat Purging Disebabkan Skincare Retinoid

Ciri pertama yang bisa menjadi petunjuk jerawat purging yaitu ketika Anda menggunakan skincare yang berbahan retinoid atau asam hidroksi. Memang skincare bisa mengatasi berbagai permasalahan kulit.

Namun, untuk jenis kulit tertentu dapat juga mengalami purging. Apalagi jika memakai bahan tersebut. Retinol bakan mendorong pengelupasan dan pergantian sel kulit mati. Oleh sebab itu, bagi orang sensitif bisa menyebabkan jerawat purging.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Jerawat dalam 5 Menit

Penting untuk mengetahui informasi kandungan dari skincare serta berapa persen retinoid dalam produk tersebut. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan penggunaannya secara tepat agar tidak berlebihan atau bisa menggantinya dengan skincare yang lain.

2. Ada Komedo Putih

Jika ingin mengetahui jerawat purging seperti apa? Anda bisa melihatnya dari ada tidaknya komedo putih. Hal ini karena berasal dari kelenjar yang menghasilkan minyak atau sebum. Lalu, bercampur dan mengakibatkan pori tersumbat.

Itulah yang menyebabkan munculnya komedo putih pada jenis jerawat purging.

3. Waktu Purging

Apakah jerawat yang muncul adalah jerawat purging atau bukan? Ini bisa dikenali dari waktu Anda menggunakan skincare. Jika jerawat muncul sekitar dua minggu setelah memakai produk tersebut itu artinya termasuk jerawat purging.

Purging akan semakin membaik jika terus menggunakan skincare tersebut. Kulit akan menjadi lebih sehat dan bersih dibandingkan dengan sebelumnya.

Namun, jika sudah sebulan malah mengalami breakout itu bisa menjadi tanda bahwa wajah tidak cocok memakai skincare tersebut.

4.  Lokasi Terjadinya Purging

Dimana saja letak jerawat purging? Letak jerawat purging umumnya terjadi di daerah T-Zone yaitu dahi dan hidung. Hal ini karena area tersebut sering terjadi pori-pori yang tersumbat akibat dari minyak yang berlebih.

Namun, jika ternyata jerawat terjadi di daerah lainnya juga maka hal tersebut dapat disebabkan karena reaksi alergi sehingga perlu dihentikan.

Untuk cara mengatasi jerawat purging bisa dilakukan dengan rajin mencuci muka, jaga kebersihan wajah, tidak memencetnya, dsb.

Penutup

Dari penjelasan di atas, Anda dapat mengetahui jerawat purging seperti apa. Purging sebenarnya adalah keadaan yang normal dan akan membaik seiring dengan rutinnya pemakaian skincare. Baca artikel tentang kesehatan lainnya hanya di SapaSehatku!

Baca Juga :  Apakah Makan Telur Bisa Menyebabkan Jerawat?

About admin

Check Also

cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Minyak Zaitun

Penasaran seperti apa cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun? Zaitun ialah minyak alami yang diekstrak …

Leave a Reply

Your email address will not be published.