Kenali Gejala Benjolan Kecil Seperti Jerawat Di Payudara

Apakah ada benjolan kecil seperti jerawat di payudara Anda? Jangan panik, kenali gejala dan penyebabnya terlebih dahulu. Anda mungkin bertanya jerawat di payudara apakah berbahaya atau tidak? Benjolan kecil seperti jerawat itu belum tentu gejala kanker payudara.

Benjolan kecil seperti jerawat di payudara

Ada beberapa penyebab yang bisa menimbulkan benjolan kecil di sekitar payudara. Patut diwaspadai jika benjolan tersebut tidak hilang dalam jangka waktu tertentu. Maka kenali gejala dan penyebab seperti berikut ini agar bisa mengatasi masalah tersebut dengan mudah:

Apakah Benjolan Kecil Seperti jerawat Di Payudara Berbahaya?

Munculnya benjolan di payudara adalah salah satu gejala kanker payudara. Jika benjolan itu seperti jerawat atau gigitan serangga, maka kemungkinan itu bukanlah gejala kanker payudara. Gejala  ini tetap perlu diperhatikan karena juga bisa jadi gejala kanker payudara.

itulah sebabnya Anda perlu mengetahui perbedaan jerawat biasa di payudara atau gejala kanker payudara. Jerawat di bawah payudara biasanya terjadi karena ada sumbatan di akar rambut kulit area payudara yang terinfeksi bakteri.

Contohnya jika muncul jerawat payudara sebelah kiri penyebabnya bisa karena siklus menstruasi, masuk ke masa pubertas untuk remaja masalah hormon, udara yang lembab, stres, dan kebiasaan memencet jerawat yang akan membuatnya semakin banyak. 

Beberapa jenis jerawat payudara yang bisa muncul adalah seperti komedo putih, komedo hitam, papula atau jerawat yang kemerahan, pustula atau jerawat kemerahan yang ujungnya putih, nodul atau jerawat yang besar dan keras, dan kista  yang serupa dengan pustula.

Gejala benjolan kecil seperti jerawat di payudara yang perlu diwaspadai sebagai gejala kanker adalah jenis jerawat yang terasa keras ketika diraba.  Benjolan tersebut akan semakin membesar dan akan terasa sakit jika tidak segera membaik.

Baca Juga :  Jitu! Pelembab Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Selain itu, waspada juga dengan gejala kanker payudara lain seperti perubahan ukuran payudara,  pembengkakan di ketiak, warna kulit payudara yang berubah, puting yang berubah, dan keluar cairan dari puting payudara saat menyusui. 

Jika Anda menemukan gejala benjolan dan gejala-gejala yang mencurigakan seperti di atas, maka bisa segera pergi ke dokter. Sedangkan untuk jerawat biasa di area payudara bisa diatasi dengan mengubah kebiasaan yang mungkin menyebabkan munculnya jerawat tersebut.

Penyebab Benjolan Kecil Seperti jerawat Di Payudara 

Berikut ini adalah penyebab munculnya jerawat di area payudara yang bisa Anda dikenali untuk dihindari: 

1. Kurang Menjaga Kebersihan Tubuh

Kurang menjaga kebersihan tubuh dapat menimbulkan jerawat di area payudara. Hal ini karena area payudara tertutup, mudah berkeringat dan lembab. Jadi bakteri jadi mudah berkembang. Itulah sebabnya jika jarang mandi akan muncul jerawat di area payudara

2. Ada Gesekan Pada Area Kulit Payudara

Benjolan kecil di sekitar payudara seperti jerawat bisa muncul karena ada gesekan yang berlebihan antara kulit area payudara dan putingnya. Contohnya saat Anda menggunakan pakaian yang terlalu ketat atau terlalu sering menggunakan khusus bra olahraga.  

3. Ada Folikel Rambut Yang Tumbuh Ke Dalam

Folikel adalah area tumbuhnya rambut di kulit, termasuk di area payudara yang juga akan ditumbuhi rambut. Benjolan bisa muncul di area ini karena folikel tersumbat sehingga rambut tumbuh ke dalam dan muncul jerawat payudara gatal.

4. Puting Payudara Yang Lecet

Puting payudara yang lecet mungkin lebih sering dialami oleh ibu yang sedang menyusui. Hal ini bisa memunculkan benjolan kecil seperti jerawat di payudara  terutama area putingnya karena ada produksi susu berlebih dan proses pelekatan tidak tepat  oleh bayi. 

Baca Juga :  Efektif! Inilah Daun yang Bisa Menghilangkan Jerawat

5. Kelenjar Montgomery Yang Bengkak

Kelenjar Montgomery adalah bentuk kelenjar pada kulit yang normal seperti benjolan kecil, namun tidak ada rasa nyerinya. Biasanya, kelenjar ini berada di area areola payudara. 

Fungsi kelenjar ini adalah memproduksi minyak penjaga kulit di sekitar payudara. Kelenjar ini bisa bengkak dan banyak dialami oleh ibu hamil dan menyusui. 

6. Adanya Infeksi Jamur

Munculnya jerawat payudara gatal dengan gejala ruam kulit dan memerah bisa jadi karena adanya infeksi jamur. Jamur akan lebih mudah berkembang biak di area payudara yang mudah berkeringat dan lembab. Penyebab infeksi jamur ini bisa menyebar ke area tubuh lain.

7. Abses

Absess adalah munculnya benjolan di area puting payudara yang memiliki cairan nanah dan ada rasa nyeri serta ada pembengkakan dan perubahan kulit. Jika terjadi gejala ini, maka bisa jadi benjolan tersebut adalah masalah serius.

Abses ini bisa disebabkan karena kondisi mastitis yang bisa terjadi pada ibu menyusui yang tidak memperoleh perawatan yang benar. Namun jika gejala ini dialami oleh wanita yang tidak menyusui maka perlu diwaspadai karena jadi tanda tumbuhnya sel-sel abnormal. 

Cara Mengatasi Benjolan Kecil Seperti jerawat Di Payudara

Setelah mengetahui penyebab munculnya benjolan kecil seperti jerawat di payudara, lalu bagaimana cara menghilangkan jerawat di payudara?Berikut ini informasi lengkapnya: 

1. Tidak Memencet Jerawatnya

Dengan tidak memencetnya, maka akan jadi cara yang tepat untuk membuat jerawat muncul lagi dengan jumlah yang lebih banyak. Selain itu, memencet jerawat di bawah payudara juga beresiko memunculkan infeksi dan justru meninggalkan bekas jerawat atau bahkan bopeng jerawat yang membandel. 

2. Mandi Dengan Air Hangat

Cara menghilangkan jerawat di payudara yang bisa Anda lakukan adalah mandi dengan air hangat. Lakukan beberapa kali untuk meredakan rasa gatal atau nyeri dan rasa ketidaknyamanan lainnya pada benjolan di payudara  tersebut dengan air hangat. 

Baca Juga :  Penyebab Benjolan Kecil Seperti Jerawat di Areola

3. Menggunakan Obat Antibiotik

Jika Anda memiliki benjolan atau jerawat yang membandel di area payudara atau dada, maka bisa konsultasi dengan dokter. Biasanya dokter akan meresep obat antibiotik dengan dosis tertentu sesuai kebutuhan pengobatan jerawat di area payudara Anda. 

4. Menggunakan Krim Obat Antijamur

Benjolan kecil seperti jerawat di payudara bisa diatasi dengan krim obat antijamur, jika kemunculannya memang disebabkan oleh infeksi jamur. Obat jerawat di payudara ini bisa Anda konsultasikan ke dokter agar diberi dosisi sesuai kebutuhan. 

5. Mandi Secara Rutin

Mandi secara rutin adalah cara mengatasi sekaligus cara mencegah timbulnya jerawat di area payudara Anda. Jadi, pastikan untuk membersihkan setiap lipatan di area payudara.

6. Ganti Pakaian Bersih Saat Berkeringat

Menjaga kebersihan tubuh bisa dilakukan dengan mengganti pakaian yang bersih saat Anda berkeringat. Cara ini bisa membantu mengatasi tumbuhnya jerawat di bagian tubuh, termasuk area payudara yang mudah berkeringat. 

7. Cuci Tangan Sebelum dan Sesudah Menyusui

Bagi ibu menyusui penting menjaga kebersihan payudara saat menyusui. Salah satu caranya adalah selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah selesai menyusui sang buah hati. Hal ini akan menjaga kebersihan area payudara sehingga mencegah timbulnya jerawat. 

Pada dasarnya, Benjolan kecil seperti jerawat di payudara adalah kondisi yang umum terjadi, jadi tidak perlu panik. Yang terpenting tetap jaga kebersihan area payudara dan mewaspadai gejala-gejala aneh yang mungkin membuat area tersebut terasa aneh atau bahkan rasa sakit.

About admin

Check Also

cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Minyak Zaitun

Penasaran seperti apa cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun? Zaitun ialah minyak alami yang diekstrak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *