Kenapa Jerawat Gatal? Berikut Cara Mengobatinya

Penasaran kenapa jerawat gatal dan bagaimana cara mengatasinya? Penyebab jerawat gatal dan cara mengobatinya ini perlu diketahui jika kamu sering mengalami gatal pada area kulit yang berjerawat. Selain itu, kondisi satu ini pastinya sangat mengganggu.

Jerawat adalah masalah kulit sejuta umat serta menjadi problematika kulit yang sulit untuk dihindari. Selain rasa tidak nyaman, jerawat juga dapat mengganggu penampilan. Gatal dan panas adalah rasa yang sering dirasakan bagi kamu yang sedang berjerawat.

Kenapa Jerawat Gatal? Ini Penyebabnya

Ada berbagai macam penyebab dari rasa gatal di bagian kulit, seperti kulit kering, alergi, kontak kulit dengan bahan iritan, dan lainnya. Dalam beberapa kondisi yang lebih parah, gatal di kulit juga bisa terjadi akibat jerawat. Lantas, kenapa jerawat merah dan gatal?

Alasan kenapa jerawat terasa gatal yang paling umum yaitu karena kulit kering akibat pori-pori yang tersumbat. Adapun beberapa pemicu jerawat gatal lainnya, yaitu sebagai berikut.

  • Kulit terpapar sinar matahari atau sinar UV secara berlebihan hingga muncul reaksi jerawat gatal di dagu atau area wajah yang berjerawat lainnya.
  • Reaksi alergi terhadap jenis obat jerawat yang digunakan, seperti alergi pada obat yang didalamnya terdapat kandungan asam salisilat, benzoil peroksida dan retinoid.
  • Fungsi acne atau kondisi jerawat akibat pertumbuhan jamur pada kulit yang dapat menimbulkan rasa gatal.
  • Kenapa jerawat gatal juga bisa disebabkan oleh cuaca panas yang dapat memperparah rasa gatal pada jerawat.

Cara Mengobati Jerawat yang Gatal

Setelah mengetahui penyebab jerawat gatal, sekarang kita beralih pada solusi cara menghilangkan jerawat gatal. Sebaiknya jika kondisi jerawat terasa gatal, tidak begitu saja kamu abaikan. Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan, yaitu:

Baca Juga :  Menghilangkan Jerawat dengan Tomat Berapa Lama?

1. Jangan Menyentuh Jerawat

Seringkali penderita merasa gatal untuk menggaruk dan memencet jerawat. Tapi, jangan lakukan hal tersebut. Bakteri-bakteri yang ada pada tanganmu justru akan beresiko merusak kulit.

Tidak hanya itu, nantinya bekas jerawat pada wajahmu akan semakin susah hilang. Solusi yang bisa kamu lakukan adalah mengganggu tisu bersih atau kain yang dibasahi air hangat untuk meredakan rasa gatal di jerawat.

2. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Seperti yang sudah dijelaskan, kenapa jerawat gatal juga disebabkan oleh paparan sinar matahari secara berlebihan. Bagi orang-orang yang memakai produk perawatan kulit berjerawat, sebaiknya perlu berhati-hati terhadap paparan sinar matahari.

3. Menjaga Pola Makan

Selanjutnya, kamu bisa mencoba cara menghilangkan jerawat lainnya dengan menjaga pola makan yang baik dan bersih untuk pengobatan masalah kulit secara alami.

Selain itu, kamu juga perlu minum air putih minimal 8 gelas per hari atau setara dengan 2 liter air untuk menjaga kelembaban kulit.

4. Mengobati Jerawat Kistik

Jerawat kistik dapat menimbulkan rasa gatal dan nyeri. Untuk mengatasinya, obat jerawat gatal yang dijual bebas di apotik tidaklah cukup. Anda harus menemui dokter spesialis kulit guna mendapatkan pengobatan jerawat yang lebih efektif dan efisien.

5. Kurangi Pemakaian Make Up

Cara mengatasi jerawat gatal berikutnya dengan mengurangi pemakaian make-up di wajah. Hal ini bertujuan agar pori-pori kulit dapat bernafas lebih baik untuk sementara waktu.

Karena, pori-pori yang tertutup make-up dan debu bisa menjadi salah satu pemicu utama dari jerawat yang terasa gatal dan tak kunjung hilang.

Demikianlah beberapa penyebab dan cara mengatasi kenapa jerawat gatal. Sebelum terlambat, ada baiknya untuk segera mengobati jerawat di wajah. Semoga ulasan Sapasehat ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam Pada Wajah

About admin

Check Also

cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Minyak Zaitun

Penasaran seperti apa cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun? Zaitun ialah minyak alami yang diekstrak …

Leave a Reply

Your email address will not be published.