Ketiak Gatal, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Pernahkah Anda mengalami ketiak yang terasa gatal? Ketiak gatal adalah masalah yang sering terjadi dan cukup mengganggu. Ketika rasa gatal itu muncul, sering kali ada keinginan untuk menggaruk bagian lipatan kulit ini.

Hal tersebut tentu saja karena sesaat setelah menggaruk ketiak, bagian tersebut terasa nyaman sejenak dan rasa gatal tadi hilang. Akan tetapi, kondisi tersebut tidak berlangsung lama. Rasa gatal pada ketiak bisa kembali datang.

Masalah ketiak gatal tersebut tentunya terjadi karena ada penyebabnya.

Penyebab Ketiak Gatal

Ada beberapa penyebab yang membuat rasa gatal pada ketiak tersebut muncul. Berikut penjelasan tentang penyebab ketiak gatal:

1. Alergi atau Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak menyebabkan kulit menjadi kemerahan, ruam, dan timbul rasa gatal. Masalah kulit tersebut muncul karena adanya reaksi alergi terhadap alergen yang bersentuhan langsung dengan kulit ketiak.

Dermatitis kontak tersebut bisa disebabkan karena ketiak gatal setelah memakai deodorant, sabun, losion, detergen, hingga pelembut kain.

2. Dermatitis Seboroik 

Masalah ketiak terasa gatal juga bisa disebabkan karena terjadinya dermatitis seboroik. Kondisi ini dikarenakan adanya produksi minyak kulit yang berlebih.

Selain itu, masalah ini juga diakibatkan oleh kombinasi berbagai faktor seperti udara kering dan dingin, gangguan kesehatan, stress, serta penggunaan obat-obatan tertentu.

Terjadinya dermatitis seboroik pada ketiak tidak hanya ditandai dengan rasa gatal, namun juga timbulnya sisik pada kulit ketiak, munculnya sepihan berwarna putih atau kuling seperti ketombe, hingga timbulnya kemerahan pada kulit.

3. Iritasi

Penyebab ketiak gatal selanjutnya adalah terjadinya iritasi. Hal ini terjadi karena adanya kerusakan jaringan kulit atau dermatitis iritan. Jenis iritasi ini bisa terjadi karena kebiasaan mencukur bul ketiak hingga kondisi kulit ketiak yang terlalu kering.

Baca Juga :  Benjolan di Ketiak Saat Menyusui dan Penyebabnya

Gejala dari iritasi ini diantaranya adalah kulit menjadi kemerahan, timbul bengkak, munculnya benjolan, rasa gatal, dan terkadang disertai rasa nyeri.

4. Eksim

Penyebab kenapa ketiak gatal terkadang terjadi karena adanya eksim. Eksim adalah peradangan kronis kerena kulit bereaksi terhadap suatu rangsangan. Kondisi yang kronis dari eksim ini bisa disebabkan karena perbahan suhu ekstrem, keringat berlebih, hingga stress.

Gejala eksim bisa berbeda-beda tergantung pada usia dan kondisi fisik seseorang. Pada umumnya penyakit ini terjadi berupa ketiak yang terasa sangat gatal, dan juga kulit kering serta bersisik.

5. Folikulitis 

Folikulitis adalah terjadinya peradangan pada folikel rambut. Peradangan pada folikel rambut ini bisa teriritasi hingga menyebabkan infeksi. Kondisi seperti ini rentan terjadi pada ketiak yang sering basah akibat keringat berlebih.

Selain itu, kondisi tersebut juga bisa disebabkan oleh kebiasaan mencukur yang tidak tepat, hingga adanya efek samping penggunaan deodorant. Gejala dari folikulitis pada ketiak antara lain, ketiak terasa gatal, muncul benjolan merah dan lecet.

6. Psoriasis

Psoriasis bisa menjadi penyebab ketiak terasa gatal. Kondisi ini merupakan salah satu penyakit autoimun yang bisa menyebabkan keluhan pada kulit.

Penyakit ini ditandai dengan terjadinya penebalan kulit berwarna kemerahan dengan sisik berwarna putih bersih yang mudah mengelupas.

7. Ruam Kepanasan

Kondisi tubuh yang kepanasan atau banyak berkeringat bisa menyebabkan kulit terasa gatal. Gejala dari ruam kepanasan atau miliaria di ketiak antara lain munculnya rasa gatal, timbul benjolan bening, serta kulit menjadi tidak merata.

Jenis ruam ini pada umumnya muncul di musim panas, saat cuaca sangat panas dan lembab, atau ketika sedang mengerjakan aktivitas fisik yang berat.

8. Peradangan di Lipatan Kulit

Peradangan di area lipatan kulit atau dikenal dengan istilah intertrigo menyerang area ketiak, selangkangan, atau bagian bawah payudara wanita. Penyebab dari peradangan ini adalah karena adanya gesekan antarkulit di area lipatan yang membuat kulit menjadi lembab.

Baca Juga :  Bisul di Ketiak, Pahami Penyebab dan Cara Mengobatinya

9. Hidradenitis Suppurativa 

Hidradenitis suppurativa menjadi salah satu penyebab timbulnya rasa gatal. Selain menjadi pemicu rasa gatal, kondisi ini juga menyebabkan munculnya benjolan di tempat tumbuhnya rambut ketiak.

Bejolan yang muncul tersebut mirip dengan bisul dan komedo yang bisa menghilang, pecah atau mengeluarkan nanah.

Selain itu, bisa juga akibat peradangan. Ini juga bisa berasal dari infeksi bakteri dan jamur. Gejala dari peradangan ini adalah munculnya rasa gatal, kulit menjadi kemerahan dan terasa lembab, serta bau keringan menjadi tidak sedap.

Dengan banyaknya hal yang menyebabkan masalah tersebut, maka Anda perlu mengatasi masalah ini agar tidak mengganggu Anda dalam beraktivitas.

Cara Mengatasi Secara Umum

Timbulnya rasa tidak nyaman ketika pada ketiak harus segara diatasi. Akan tetapi meskipun tidak nyaman, sebaiknya Anda tidak menggaruknya akrena bisa memicu terjadinya infeksi. Secara umum berikut cara mengatasi ketiak gatal yang bisa Anda lakukan:

  • Menepuk atau mencubit area yang terasa gatal secara lembut dan perlahan. Cara ini dilakukan untuk mengurangi rasa yang tak tertahankan.
  • Melakukan kompres pada area yang terasa gatal dengan kompres dingin. Anda bisa kompres ketiak tersebut selama kurang lebih 5 hingga 10 menit atau hingga gangguan mereda.
  • Mandi menggunakan air hangat jika sangat mengganggu.
  • Mengoleskan pelembab yang tidak mengandung pewangi, krim antigatal, atau membeli obat di apotik.
  • Menghindari melakukan cukur selama terjadi rasa gatal, kecuali jika disarankan oleh dokter.

Jika cara tersebut telah Anda lakukan, namun masalah tidak kunjung mereka, maka sebaiknya berkonsultasi ke dokter. Dokter akan memeriksa dan menangani masalah Anda tersebut sesuai dengan penyebabnya.

Cara Mengatasi Berdasarkan Penyebabnya

Berikut cara mengatasi ketiak gatal berdasarkan penyebabnya yang bisa Anda coba untuk mengurangi masalah:

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Bulu Ketiak Dalam 1 Hari

1. Alergi

Pada kasus yang disebabkan oleh alergi atau iritasi akibat penggunaan produk tertentu, Anda bisa menghindari penggunaan produk tersebut. Selain itu, Anda juga akan diberikan krim pereda radang dan antigatal dari dokter.

2. Infeksi Jamur atau Bakteri

Masalah yang disebabkan oleh infeksi jamur atau bakteri, pada umumnya akan diberikan salep berupa antijamur atau antibiotik oleh dokter. Akan tetapi, jika infeksi sudah parah, maka obat yang tertentu digunakan kemungkinan juga akan diberikan.

3. Psosiaris

Pada kasus yang disebabkan oleh psosiaris, kemungkinan dokter akan memberikan krim oles yang mengandung asam salisilat atau steroid.

4. Hidradenitis Supurativa

Sedangkan pada mengalami gatal disebabkan oleh hidradenitis supurativa, kemungkinan dokter akan memberikan krim kortikosteroid dan obat penunjang lainnya, seperti ibuprofen dan antibiotik.

Secara umum rasa gatal akan mereda dengan sendirinya. Akan tetapi, jika keluhan tersebut sering kambuh atau tidak membaik, maka segaralah berkonsultasi ke dokter. Jangan sampai Anda mengabaikan masalah ini agar tidak terjadi masalah yang lebih parah.

Demikian penjelasan tentang ketiak gatal yang meliputi penyebab dan cara mengatasinya. Karena kondisi ini lumayan mengganggu, maka sebaiknya hindari hal-hal yang bisa menyebabkan masalah ini terjadi. Selain itu, Anda juga harus rajin menjaga kebersihan tubuh.

About admin

Check Also

pencukur bulu ketiak

Pencukur Bulu Ketiak : Tips Memilih Alat yang Baik!

Memilih alat pencukur bulu ketiak yang tepat sangat dibutuhkan. Jika Anda menggunakan alat pencukur bulu …

Leave a Reply

Your email address will not be published.