Ketiak Terasa Nyeri, Ini Dia Penyebabnya

Pernahkah Anda mengalami rasa nyeri di ketiak? Ketiak terasa nyeri tersebut bisa disebabkan oleh banyak hal yang mungkin tidak Anda sadari. Selain itu, ketiak terasa sakit jua bisa menjadi pertanda kondisi kesehatan yang lebih serius.

Penyebab Ketiak Terasa Nyeri

Berikut penjelasan tentang penyebab ketiak terasa nyeri:

1. Cedera Otot

Penyebab ketiak terasa sakit yang pertma adalah terjadinya pectoralis mayor, yaitu kondisi otot yang meregang dari dada ke bahu. Kondisi ini bisa terjadi karena kecelakaan saat beraktivitas, misalnya, mengangkat barang berat atau ketika berolehraga.

Selain terjadi pada otot dada, otot lengan atas juga bisa menegang dan tertarik saat melakukan aktivitas melempar, mengangkat, atau melakukan gerakan lainnya. Cedera otot ketiak tersebut dapat menyebabkan peradangan dan timbulnya rasa sakit di ketiak.

2. Luka Cukur atau Iritasi

Ketiak terasa nyeri bisa disebabkan karena teknik mencukur atau mencabut bulu ketiak yang salah. Selain itu, penggunaan beberapa deodorant, antiperspirant, detergen dan sabut mandi juga bisa menjadi penyebab terjadinya iritasi pada kulit ketiak.

Akibat dari iritasi pada ketiak bisa menyebabkan ruam yang disebut kontak dermatitis. Kondisi tersebut bisa menyebabkan kulit ketiak menjadi kemerahan, bengkak, terasa nyeri dan panas.

3. Herpes Zoster

Penyakit Herpes zoster merupakan penyakit kulit yang bisa menular yang disebabkan oleh virus Varicella zoster. Virus tersebut menyebabkan timbulnya bintil-bintil merah berisi air yang terasa panas dan gatal, sehingga terasa nyeri ketiak sampai tangan.

Pada umumnya daerah yang paling sering terkena penyakit ini adalah lengan, dada, dan muka. Selain itu, penyakit ini juga bisa menyebabkan ruam pada kulit bersisik dan terasa kesemutan di daerah yang terinfeksi.

Baca Juga :  Cara Membersihkan Bulu Ketiak dengan Aman

4. Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Tubuh memiliki sekitar 600 kelenjar getah bening. Namun, hanya beberapa saja kelenjar getah bening yang bisa diraba atau dirasakan. Beberapa diantaranya adalah yang berada di bagian bawah rahang, leher, dan ketiak.

Kelenjar tersebut sangat berperan dalam melawan penyakit dan juga menjaga daya tahan tubuh. Jika mengalami infeksi, misalnya flu, kelenjar ini bisa mengalami pembengkakan.

Selain itu, ada beberapa kondisi lainnya yang mempengaruhi kondisi kelenjar getah bening, seperti limfedema, infeksi limpadenitis, infeksi saluran pernapasan atas, dan lainnya. Semua gangguan tersebut bisa menyebabkan ketiak sakit saat ditekan.

5. Rematik

Rematik dan penyakit nyeri sendi lainnya bisa menyebabkan persendian meradang. Selain itu, penyakit tersebut juga bisa menyebabkan pembengkakan. Kondisi tersebut tidak menutup kemungkinan terjadi di sekitar persendian ketiak, sehingga menyebabkan rasa sakit.

6. Penyakit Arteri Perifer 

Penyakit ini merupakan kondisi berupa penyempitan pembuluh darah kecil yang ada di bagian lengan atau kaki. Akibatnya, suplai oksigen ke jaringan sekitarnya akan berkurang. Otot yang kekurangan oksigen tersebut lama-kelamaan akan terasa sakit.

Jika penyakit arteri perifer ini terjadi di dalah satu atau kedua ketiak, maka Anda akan merasakan nyeri pada area tersebut.

7. Kanker Payudara

Pada tahap awal kaker payudara pada umumnya tidak menimbulkan rasa sakit. Akan tetapi, lama kelamaan Anda akan merasakan sakit ataupun terasa ada bejolan di bawah lengan atau payudara. Jika kondisi ini terjadi, segeralah periksa dan mencari pertolongan medis.

Bagaimana cara menghilangakan nyeri di ketiak?

Cara Meringankan Rasa Nyeri di Ketiak

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa sakit di ketiak, antara lain:

  • Mengkompres dengan air hangat.
  • Mengonsumsi obat antiinlamasi, seperti aspirin, naproxen, dan lainnya.
  • Lakukan pemijatan di area yang bengkak secara lembut.
  • Istirahat yang cukup.
Baca Juga :  5 Cara Mengecilkan Pori-pori Ketiak Secara Alami

Itulah penyebab ketiak terasa nyeri dan cara meringankan rasa nyeri tersebut.

About admin

Check Also

pencukur bulu ketiak

Pencukur Bulu Ketiak : Tips Memilih Alat yang Baik!

Memilih alat pencukur bulu ketiak yang tepat sangat dibutuhkan. Jika Anda menggunakan alat pencukur bulu …

Leave a Reply

Your email address will not be published.