Laser Ketiak: Perawatan dan Risikonya

Keberadaan bulu ketiak sering mengganggu penampilan dan membuat tidak percaya diri. Karenanya, banyak orang yang berusaha menghilang bulu tersebut. Salah satu cara menghilangkan bulu ketiak adalah dengan laser ketiak.

Laser ketiak banyak dipilih karena terbukti hasilnya lebih lama. Sebelum memutuskan untuk menggunakannya Anda perlu memahami beberapa hal tentang laser ini.

Persiapan Sebelum Menghilangkan Bulu dengan Laser 

Sebelum melakukan laser ketiak, ada baiknya Anda melakukan beberapa persiapan. Persiapan sebelum menghilangkan bulu dengan laser ketiak adalah sebagai berikut:

  • Pastikan prosedur menghilangkan bulu dilakukan oleh dokter yang telah berpengalaman dan terlatih untuk melakukan tindakan ini.
  • Sebelum melakukan prosedur ini, informasikan secara jelas kepada dokter tentang riwayat penyakit dan obat-obatan yang sedang Anda konsumsi.
  • Tanyakan terlebih dahulu tentang langkah-langkah prosedur laser serta persiapan dan perawatan yang harus dilakukan. Anda juga perlu menanyakan obat-obatan yang perlu dihindari sebelum dan setelah melakukan laser.
  • Sebaiknya menghindari paparan sinar matahari sejak enam minggu sebelum melakukan laser. Anda perlu menggunakan tabir surya jika akan melakukan aktivitas di luar ruangan pada siang hari.

Hal ini dilakukan karena paparan sinar matahari bisa meningkatkan risiko terjadinya iritasi dan perubahan warna kulit setelah melakukan laser.

  • Jangan melakukan pencabutan bulu atau waxing sejak enam minggu sebelum melakukan laser. Saat melakukan laser, laser akan diarahkan ke pigmen dalam akar rambut. Jika akar rambut telah hilang, maka sinar laser akan menjadi tidak efektif.
  • Mencukur pendek bulu sehari sebelum laser dapar membantu menurunkan risiko terjadinya iritasi kulit. Hal ini dikarenkan jumlah pigmen melanin menjadi lebih sedikit. Mencukur bulu diperbolehkan karena masih menyisahkan batang dan akar rambut.

Perawatan Setelah Menghilangkan Bulu dengan Laser 

Ada bebepara perawatan setelah laser ketiak yang perlu Anda lakukan. Perawatan ini dilakukan untuk mengurangi nyeri dan iritasi kulit, sehingga proses penyembuhannya lebih cepat. Perawatan tersebut antara lain:

  • Hindari paparan sinar matahari selama kurang lebih enam minggu setelah dilakukan laser atau sesuai saran dokter. Anda bisa menggunakan tabir surya saat akan beraktivitas  di luar ruangan pada siang hari.
  • Gunakan obat yang diberikan dokter sesuai dosis dan petunjuk penggunaannya. Ada beberapa obat yang mungkin akan diberikan dokter, misalnya krim untuk mengurangi iritasi atau obat antinyeri untuk meredam rasa perih.
  • Pada area yang terasa perih, kemerahan atau bengkak dapat Anda kompres menggunakan air dingin.
  • Jangan menggaruk atau memecahkan lepuhan jika timbul lepuhan atau lecet pada kulit.
Baca Juga :  Bisul di Ketiak, Pahami Penyebab dan Cara Mengobatinya

Ketika memutuskan untuk melakukan laser, ada beberapa risiko yang kemungkinan akan Anda alami setelahnya.

Risiko Menghilangkan Bulu dengan Laser 

Meskipun menghilangkan bulu dengan laser ini relatif aman, namun tetap ada efek samping laser ketiak. Beberapa risiko menghilangkan bulu ketiak dengan laser adalah sebagai berikut:

1. Iritasi Kulit

Iritasi kulit setelah dilakukan laser ini ditandai dengan munculnya kemerahan di area yang baru dilaser atau munculnya pembengkakan yang disertai nyeri. Pada umumnya efek samping ini akan reda sendiri setelah beberapa jam.

2. Perubahan Warna Kulit

Bagi Anda yang memiliki wana kulit terang kemungkinan akan mengalmai perubahan warna lukit menjadi gelap setelah melakukan laser, begitupun sebaliknya. Tidak perlu khawatir, efek samping tersebut hanya terjadi sementara.

3. Perubahan Tekstur Kulit

Terkadang laser bisa menimbulkan lepuh di kulit dan bisa disertai dengan cairan atau sel-sel mati yang mengering. Selain itu, jaringan parut juga bisa terbentuk setelah melakukan laser. Bagi pasien yang memiliki riwayat herpes simpleks, penyakit ini bisa saja kambuh.

Informasi tentang laser ketiak di atas bisa menjadi referansi dan pengetahuan Anda ketika ingin melakukan tindakan ini.

About admin

Check Also

pencukur bulu ketiak

Pencukur Bulu Ketiak : Tips Memilih Alat yang Baik!

Memilih alat pencukur bulu ketiak yang tepat sangat dibutuhkan. Jika Anda menggunakan alat pencukur bulu …

Leave a Reply

Your email address will not be published.