7 Makanan yang Membuat Jerawat Hilang

Jerawat selalu menjadi pengganggu bagi tampilan seseorang. Kulit yang bersih juga tentunya menjadi impian para acne fighter, namun cukup sulit untuk mewujudkannya. Kamu bisa memadukan mengonsumsi makanan yang membuat jerawat hilang, selain dengan skincare.

Makanan yang Membuat Jerawat Hilang

Skincare tidak menjamin membuat jerawat hilang, jika tidak dibarengi dengan cara-cara lain seperti memperhatikan asupan makanan dan pola tidur. Jadi, kamu bisa mulai menerapkan memakan makanan yang membuat jerawat hilang, yang akan dijelaskan di bawah ini.

Makanan yang Membuat Jerawat Hilang Beserta Bekasnya

Jerawat, berasal dari berbagai masalah kulit yang tidak teratasi dengan baik. Contohnya adalah produksi minyak berlebih, polusi, pembersihan kulit wajah yang kurang maksimal, termasuk pada masalah hormonal.

Skincare yang tepat, serta perawatan pembersihan wajah yang tepat sangat dibutuhkan. Namun, kamu juga harus memperhatikan pola hidup yang sehat untuk membantu membersihkan jerawat dari dalam.

Mengurangi stress, pola tidur yang cukup, mengurangi konsumsi makanan berminyak dan berlemak, minum air putih yang banyak, serta perbanyak konsumsi sayur dan buah yang menjadi makanan yang membuat jerawat hilang, seperti:

1. Wortel

Wortel menjadi buah yang dapat menghilangkan jerawat dan bekas jerawat. Vitamin A dalam wortel, berfungsi untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Hal ini cocok dengan kulit yang berjerawat, yang bahkan bisa menimbulkan bekas. 

Selain itu, vitamin A juga mencegah dan mengurangi kerutan, mencegah penuaan dini, dan mencegah kerusakan kulit akibat radiasi sinar UV.

2. Pisang

Selanjutnya, makanan yang bisa membuat jerawat hilang adalah buah pisang yang mengandung vitamin A, C dan B6. Rasanya yang manis tidak pernah mengecewakan, apalagi dengan kandungannya yang bermanfaat untuk berbagai masalah tubuh.

Buah pisang ini mampu melawan infeksi, seperti contohnya jerawat yang meradang atau yang tidak sengaja terluka. Hal itu akan menimbulkan bekas, namun dengan rutin mengonsumsi pisang, infeksi jerawat akan lebih teratasi. 

Baca Juga :  Apakah Sunscreen Bisa Menghilangkan Bekas Jerawat? Ini Jawabannya

3. Brokoli

Brokoli menjadi jenis sayuran untuk menghilangkan jerawat karena kandungannya yang sangat bermanfaat. Sayur brokoli memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, yang dapat mempercepat produksi kolagen.

Kolagen ini dapat mengatasi luka pada kulit, seperti halnya jerawat yang merusak jaringan dan tekstur kulit. Selain itu, kolagen juga dapat memperlambat penuaan, dan mengencangkan kulit.

4. Alpukat

Beralih ke buah yang lebih nikmat jika dikonsumsi dengan dijus. Anda yang bertanya-tanya minum apa agar jerawat hilang, alpukat sangat direkomendasikan menjadi jus buah untuk menghilangkan jerawat

Alpukat memberi nutrisi yang bagus untuk kulit karena mengandung omega-3, vitamin C dan antimikroba. Perpaduan ketiganya dapat mengurangi produksi jerawat pada kulit. 

5. Pepaya

Buah tropis seperti pepaya juga memberi manfaat baik untuk kulit, lho. kandungan vitamin C yang sangat tinggi pada pepaya membantu merangsang produksi kolagen dan memeliharanya sehingga bekerja maksimal pada kulit.

Enzim papain dan chymopapain membantu mengurangi peradangan jerawat dan membersihkan pori-pori yang tersumbat oleh komedo yang menyebabkan jerawat. Kamu bisa mengonsumsinya langsung, atau menjadikannya jus dan mengkombinasikan dengan buah lain.

6. Sayuran daun hijau

Selanjutnya ada sayuran hijau seperti bayam, kangkung, sawi dan lain sebagainya yang menjadi makanan pencegah jerawat dan komedo. Mengingat bahwa komedo berasal dari kotoran yang menyumbat pori-pori dan menjadi jerawat.

Mengonsumsi sayuran hijau juga dapat meratakan dan memperbaiki warna kulit, seperti kulit hitam karena bekas jerawat

7. Ikan berlemak 

Salmon, tuna dan makarel memiliki kandungan yang sangat baik untuk kulit, seperti omega-3 pada ikan salmon yang bisa menjadikan kulit lebih bersinar dan memperlambat penuaan. Kandungan omega-3 juga dapat mengurangi jerawat yang meradang, lho.

Baca Juga :  Apakah Es Batu Bisa Menghilangkan Jerawat?

Lalu, kandungan vitamin B3 pada salmon yang mencegah radikal bebas dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Ikan-ikan ini menjadi makanan yang membuat jerawat hilang secara perlahan.

Tips Menghentikan Produksi Jerawat

Jerawat, normalnya akan muncul saat hormon sedang meningkat. Contohnya adalah seperti wanita yang akan datang bulan. Jerawat itu kemungkinan tidak bisa dihindari. Namun, tips ini bisa kamu terapkan untuk menghentikan produksi jerawat yang tidak seharusnya.

1. Lakukan Double Cleansing

Double cleansing merupakan langkah yang sangat penting dan harus dilakukan setiap harinya. Terutama jika kamu menggunakan make up seharian. 

Untuk langkah pertamanya, kamu bisa memanfaatkan micellar water dengan kapas. Lalu diusap-usap di wajah hingga semua make up dan kotoran terangkat. Kemudian setelah itu baru mencuci muka dengan sabun cuci muka yang sesuai dengan tipe kulit kamu.

2. Gunakan Skincare Sesuai Jenis Kulit

Skincare menjadi bahan yang membantu perawatan kulit dari luar dengan kandungan yang bermanfaat untuk memperbaiki jaringan jaringan di kulit. Namun jika skincare yang kamu gunakan tidak sesuai dengan jenis kulit.

Bisa jadi justru akan menimbulkan jerawat baru. Hal ini dikarenakan, kandungan bahan-bahannya yang tidak sesuai dan seharusnya tidak digunakan untuk kulit kamu.

3. Jangan Sering Gonta-Ganti Produk

Tips selanjutnya adalah, jangan sering gonta-ganti produk. Pada zaman sekarang ini sudah banyak sekali bermunculan jenis-jenis produk baru dengan khasiat-khasiat yang menggiurkan. 

Namun hal ini sebaiknya tidak kamu lakukan, apalagi jika kamu sudah menemukan skincare yang cocok dengan jenis kulit kamu.

4. Jangan Sembarangan Menggunakan Bahan Alami

Di internet sudah banyak sekali tutorial mengolah bahan-bahan alami seperti dari buah atau sayuran yang digunakan sebagai perawatan kulit. Memang kandungan-kandungan dalam buah atau sayur sangat bermanfaat bagi tubuh.

Baca Juga :  Kenapa Jerawat Gatal? Berikut Cara Mengobatinya

Namun, bisa saja terdapat suatu zat yang tidak boleh tidak dianjurkan untuk pemakaian luar. Terutama jika pengolahannya yang kurang steril dan justru akan menimbulkan masalah-masalah baru pada kulit seperti bruntusan, kulit kering, mengelupas dan lain sebagainya.

5. Terapkan Pola Hidup Sehat

Tips selanjutnya adalah menerapkan pola hidup sehat pola hidup sehat di sini antara lain selain mengonsumsi makanan yang membuat jerawat hilang, juga harus memperhatikan kondisi mental kamu. 

Dalam pola hidup sehat untuk menghilangkan jerawat, usahakan hindari stres berlebih, tidur 8 jam perhari, minum air putih minimal 8 gelas sehari, olahraga ringan selama 10 menit atau minimal 2 kali dalam 1 minggu, serta sering mengganti sarung bantal.

Mengonsumsi makanan yang membuat jerawat hilang juga tidak boleh melupakan untuk menghindari makanan yang bikin jerawatan, seperti gorengan.

6. Lakukan dengan Konsisten

Tips terakhir adalah melakukannya dengan konsisten. Lakukan langkah-langkah di atas tadi secara konsisten setiap hari. Melakukan hal itu setiap hari akan menjadi kebiasaan baik yang perlahan-lahan akan meregenerasi kulit kamu menjadi lebih baik. 

Jadi, dalam usaha menghilangkan jerawat secara permanen, kamu harus banyak melakukan pembiasaan seperti yang sudah dijelaskan di atas. Hal itu bisa lebih maksimal jika secara rutin mengonsumsi makanan yang membuat jerawat hilang di atas. Semoga bermanfaat.

About admin

Check Also

cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Minyak Zaitun

Penasaran seperti apa cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun? Zaitun ialah minyak alami yang diekstrak …

Leave a Reply

Your email address will not be published.