Hindari! Inilah 13 Makanan yang Menyebabkan Jerawat

Jerawat adalah masalah umum pada kulit yang dapat menimpa siapa saja, namun biasanya lebih banyak terjadi pada usia remaja. Salah satu penyebab yang dianggap sebagai pemicu adalah makanan, yang mana daftar makanan yang menyebabkan jerawat itu ternyata banyak sekali.

Meski tahu bahwa makanan bukanlah satu-satunya faktor yang menjadikan jerawat tumbuh subur di wajah, namun banyak sekali anggapan awam yang kuat hingga berbagai artikel kesehatan atau kecantikan yang membahas tentang makanan yang menyebabkan jerawat ini.

makanan yang menyebabkan jerawat

Meski tak mutlak salah, namun bagi yang sedang menghadapi masalah jerawat ini sebaiknya bersikap bijak dalam menanggapi pertanyaan makanan yang menyebabkan jerawat apa saja?

Jangan sampai karena tak ingin terus berkutat dengan masalah jerawat, lalu melakukan pembatasan ketat pada semua jenis makanan yang dianggap termasuk ke dalam golongan makanan yang menyebabkan jerawat.

Makanan Penyebab Jerawat, Wajib Dihindari

Perlu dipahami jika kemunculan jerawat juga akan berkaitan dengan kebersihan kulit wajah, gaya hidup serta faktor genetik, di luar asupan makanan sehari-hari. 

Jadi satu produk konsumsi yang menyebabkan kemunculan jerawat di A misalnya, belum tentu akan muncul di B. Untuk itu perlu sekali dipertimbangkan jika masalah makanan apa yang bisa menyebabkan jerawat itu sangat kasuistis.

Nah tanpa berpanjang lebar lagi, silahkan ikuti penjelasan  daftar 13 makanan yang menyebabkan jerawat versi Sapa Sehat Ku berikut ini:

1. Gula (Karbohidrat Olahan)

Jenis olahan pertama yang menyebabkan jerawat adalah gula. Yang dimaksud dengan gula di sini adalah karbohidrat olahan. Karbohidrat olahan ini biasanya berasal dari berbagai makanan atau minuman yang memiliki rasa manis yang tentu saja berasal dari gula. 

Contohnya adalah berbagai jenis dan merek minuman bersoda, jus yang dijual dalam kemasan atau berbagai minuman kemasan lainnya. 

Sifat dari karbohidrat olahan ini adalah cepat terserap ke dalam peredaran darah. Sehingga menimbulkan efek domino berupa peningkatan kadar gula yang ada di dalam darah. Peningkatan kadar gula akan disambut tubuh dengan reaksi peningkatan kadar insulin.

Nah peningkatan kadar insulin ini akan membantu tubuh untuk mendistribusikan kelebihan gula agar segera masuk ke dalam sel tubuh. Dimana hal ini akan menyebabkan timbulnya jerawat.

Melansir dari PubMed Central diketahui bahwa insulin akan menjadi pemicu aktifnya hormon Androgen sehingga insulin 1 (IGF-1) akan aktif bertumbuh. Pertumbuhan jenis Insulin ini akan menyebabkan percepatan tumbuhnya sel kulit sekaligus produksi sebum.

Nah pada tahap itulah terjadi sebuah korelasi mengapa konsumsi gula akan menjadi salah satu potensi penyebab jerawat di pipi, dahi, dagu atau daerah kulit penghasil minyak aktif lainnya, termasuk di punggung dan dada.

2. Produk Susu

Jenis makanan yang menyebabkan jerawat berikutnya adalah susu. Dari banyak penelitian serta berbagai survei kesehatan yang dilakukan, ditemukan sebuah benang merah jika telah terjadi peningkatan tumbuhnya jerawat pada kalangan remaja setelah mengkonsumsi susu.

Konsumsi susu yang dilakukan tersebut tidak hanya terbatas pada jenis susu SKIM saja, namun juga terhadap jenis susu rendah lemak. Para ahli kecantikan dan kesehatan hingga kini masih belum memiliki kesimpulan pasti akan hal tersebut.

Itu semua karena dunia kesehatan belum dapat menjelaskan seperti apa prosesnya sehingga susu menjadi pemicu pertumbuhan jerawat dan digolongkan sebagai makanan yang menyebabkan jerawat pasir.

Yang pasti adanya kandungan karbohidrat olahan di dalam produk susu akan meningkatkan kadar insulin di dalam darah. Hal ini sejalan dengan uraian sebelumnya jika peningkatan insulin akan memicu peningkatan sebum yang dianggap sebagai salah satu penyebab jerawat.

Baca Juga :  7 Cara Menghilangkan Jerawat Kecil-Kecil pada Wajah

Akan tetapi menimbang banyaknya kandungan gizi baik dan seimbang yang ada di dalam susu, maka pembatasan konsumsi susu pada golongan tertentu ini dapat mengabaikan pendapat yang menyatakan jika susu temasauk makanan yang membuat jerawat makin banyak.

3. Makanan Cepat Saji alias Fast Food

Para pemerhati di dunia kesehatan dan kecantikan sangat setuju jika semua jenis makanan cepat saji itu dapat digolongkan ke dalam 7 makanan penyebab jerawat. Hal tersebut karena terdapat indeks glikemik tinggi pada semua jenis makanan cepat saji sehingga akan memicu jerawat.

Melalui sebuah penelitian di Amerika di ketahui jika dari 2.258 orang responden yang bergabung di dalam penelitian tersebut mengalami penurunan jerawat hingga 87%. Penurunan jerawat tersebut terjadi setelah melakukan diet dengan tidak mengonsumsi makanan yang memiliki indeks glikemik rendah.

Kentang goreng, sandwich, ayam goreng, nugget dan masih banyak lagi lainnya, adalah jenis makanan cepat saji yang dapat menjadi contoh makanan berlemak yang menyebabkan jerawat. 

Selain itu burger dan sosis dianggap juga sebagai makanan yang menyebabkan jerawat di pipi, melalui penelitian Journal of the European Academy of Dermatology & Venereology.

Penelitian yang dilakukan tersebut melibatkan sebanyak 2.300 pria Turki yang mengonsumsi burger atau sosis selama jangka waktu tertent. Hasilnya ternyata para responden mengalami peningkatan hingga 24% akan timbulnya jerawat.

Dari penelitian tersebut disimpulkan jika burger dan sosis yang merupakan jenis fast food, akan memberi pengaruh pada ekspresi gen dengan jalan mengubah kadar hormon. Sehingga pertumbuhan jerawat pun menjadi lebih aktif.

4. Cokelat

Siapa sih yang tak kenal dan tak suka cokelat? Semua rentang usia pasti menyukai makanan yang satu ini, termasuk golongan remaja, meski sudah sejak dulu cokelat digolongkan sebagai jenis makanan penyebab timbulnya jerawat. 

Namun yang perlu untuk diperhatikan dan dijadikan catatan, dari banyak penelitian yang selama ini telah dilakukan. Jerawat baru akan mudah timbul apabila cokelat yang dikonsumsi itu merupakan cokelat yang terdapat kandungan susu serta gula di dalamnya.

Sedangkan jika konsumsi cokelat berupa produk kakao murni 100%, yang artinya tanpa ada kandungan gula dan susu di dalamnya, maka sistem imunitas tubuh justru memberikan reaksi positif. Yakni dengan melakukan perlawanan pada tumbuhnya bakteri penyebab jerawat.

Oleh karena itulah, menggolongkan coklat sebagai salah satu jenis makanan yang menyebabkan jerawat dan bruntusan hendaknya lebih disikapi secara bijaksana.

5. Makanan Berminyak

Bagi yang sedang mengalami masalah jerawat pada kulitnya, pasti akan sering timbul tanya apakah nasi goreng menyebabkan jerawat? Atau apakah bakso menyebabkan jerawat?

Sebenarnya tidak ada korelasi sama sekali nasi goreng dan bakso dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat sehingga digolongkan sebagai jenis makanan yang menyebabkan jerawat.

Akan tetapi karena nasi goreng dan bakso itu umumnya termasuk makanan yang mengandung banyak lemak maka sebagian besar orang berpendapat jika nasi goreng dan bakso adalah jenis makanan pemicu jerawat dan berminyak.

Nah jika seperti itu, maka bukan hanya nasi goreng dan bakso saja yang harus dihindari untuk meminimalisir timbulnya jerawat. Berbagai macam gorengan seperti bakwan, lumpia, pisang goreng, cakue, roti goreng dan masih banyak lagi lainnya juga harus dihindari.

Jadi dapat disimpulkan sebenarnya bukan jenis makanannya yang termasuk pada jenis makanan yang menyebabkan jerawat, namun lebih kepada cara pengolahannya yang menggunakan banyak minyak atau lemak yang menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Baca Juga :  Kenapa Jerawat Gatal? Berikut Cara Mengobatinya

Bukankah sudah jelas jika kelebihan kadar lemak serta minyak di dalam tubuh akan meningkatkan potensi timbulnya jerawat, sebab tubuh akan lebih aktif lagi untuk memproduksi sel-sel kulitnya?

Oleh karena itu ada baiknya untuk melakukan sedikit perubahan pengolahan agar beragam makanan favorit di atas tetap aman untuk dikonsumsi. Khususnya bagi yang sedang mengalami masalah jerawat.

Misalkan, belilah lumpia basah daripada membeli lumpia yang digoreng. Gunakan daging tanpa lemak untuk membuat bakso dan berbagai cara olahan alternatif lainnya.

6. Biji-bijian Halus yang Terdapat di Roti dan Pastry

Roti putih seringkali dianggap sebagai solusi sarapan instan yang sehat bagi banyak keluarga modern saat ini. 

Namun siapa sangka jika roti putih dapat digolongkan ke dalam jenis makanan menyebabkan jerawat bahkan pada beberapa kasus dapat digolongkan ke dalam jenis makanan yang menyebabkan jerawat batu.

Hal tersebut karena roti putih merupakan jenis makanan karbohidrat olahan. Dimana akan dapat mengakibatkan hormon tidak seimbang sehingga memicu terjadinya kemerahan pada kulit wajah, jerawat hingga kerutan sebelum waktunya. Hal ini sering terjadi pada wanita dan tentu akan sangat mengganggu sekali.

Selain itu kandungan biji-bijian halus (tepung putih halus) itu terbukti memiliki nilai indeks glikemik tinggi, yang dapat membuat kadar gula darah naik. 

Kenaikan ini akan direaksi tubuh dengan meningkatkan produksi Insulin. Dimana kemungkinan besar akan memicu juga pertumbuhan sel serta produksi sebum, yang pada akhirnya menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Itulah sebabnya roti, pasta, sereal, dan bihun dimana di dalamnya terkandung biji-bijian olahan dapat digolongkan sebagai makanan pemicu jerawat.

Alasan lain mengapa berbagai makanan lezat di atas yang sudah menjadi santapan biasa dalam keseharian dimasukkan dalam golongan makanan yang menyebabkan jerawat di punggung adalah adanya sifat inflamasi pada gluten.

Gluten sendiri merupakan jenis protein yang ada di dalam tepung terigu, yang terbukti seringkali menimbulkan peradangan di saluran cerna. Tentu saja ketika saluran cerna terganggu, akan meningkatkan resiko timbulnya jerawat pada wajah.

Nah jadi sekarang terjawab sudah pertanyaan apakah mie instan menyebabkan jerawat, bukan?

7. Makanan yang Mengandung Lemak Omega-6

Jenis makanan yang menyebabkan jerawat lainnya adalah semua jenis makanan yang memiliki kandungan lemak Omega-6. Contoh makanan yang membuat banyak jerawat karena kandungan lemak ini adalah mentega dan mayonaise.

Kandungan omega-6 pada makanan dapat meningkatkan risiko jerawat karena memiliki sifat pro-inflamasi sehingga akan dapat memperburuk jerawat. 

Untuk itu jika ingin wajah segera mulus, maka perbanyak saja makanan yang membuat jerawat cepat hilang, yaitu konsumsi makanan yang diperkaya akan lemak omega-3, karena dapat menurunkan risiko terkena jerawat. 

8. Daging

Pasti tidak akan ada yang menduga jika daging adalah termasuk jenis makanan yang menyebabkan jerawat. Selama ini awam banyak yang menilai sebaliknya dan menggolongkan daging sebagai makanan yang tidak menyebabkan jerawat.

Dicuplik dari Medical News Today, produksi sebum pada kulit yang terlalu banyak akan menyebabkan tumpukan minyak pada kulit. Hal ini akan berpotensi menimbulkan jerawat yang diperparah dengan tertutupnya pori-pori karena sel kulit mati dan bakteri.

Daging merah serta daging ayam yang memiliki kandungan lemak tinggi akan meningkatkan resiko peradangan kulit dan timbulnya jerawat. Bahasa awamnya alergi daging. 

Itulah jawaban dari gambaran jenis jerawat pada beberapa orang yang terlihat sangat besar dan berwarna merah tua. Selain itu jerawat tersebut memiliki lokasi khas yaitu hadir di area leher, pipi serta sepanjang garis rahang.

Baca Juga :  Cara Memakai Kelly Untuk Menghilangkan Jerawat

9. Alkohol

Berikutnya, jenis kandungan makanan yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah Alkohol. Hal tersebut karena konsumsi alkohol akan dapat menyebabkan terjadinya gangguan keseimbangan antara kadar estrogen dan testosterone.

Yang mana jika hal itu terjadi, akan menyebabkan meningginya tingkat keparahan pada jerawat. Dimana saat kadar hormon meninggi, kulit akan meningkatkan produksi sebelumnya yang berpotensi menyumbat pori dan menimbulkan jerawat.

Oleh karena itulah, Alkohol dapat digolongkan sebagai produk yang bisa menyebabkan jerawat.

10. Telur 

Sebenarnya menggolongkan telur sebagai salah satu jenis makanan yang menyebabkan jerawat tumbuh adalah salah. Sebab pada kenyataannya jenis makanan ini sangat kaya akan kandungan gizi seperti protein, vitamin D, dan vitamin lain.

Penggolongan telur sebagai makanan yang menyebabkan jerawat itu timbul karena telah terjadinya reaksi alergi pada beberapa orang. Salah satu bentuk alergi tersebut adalah timbulnya jerawat.

11. Kafein 

Pendapat yang menyatakan jika Kafein yang terkandung di dalam kopi adalah sebagai makanan yang menyebabkan jerawat di dagu adalah salah besar. Itu jika menilik pada jenis kopi yang dikonsumsi adalah jenis kopi zaman now dan kekinian lho ya.

Sebab kandungan gula, susu dan krimer pada jenis kopi yang banyak dikonsumsi saat ini termasuk pada golongan bahan makanan yang berpotensi meningkatkan hormon kortisol dan insulin di dalam tubuh.

Tentu sekarang sudah paham bukan jika insulin akan memicu produksi minyak berlebih meningkat dan pastinya muncul jerawat.  

Oleh karena itu salah besar jika dinyatakan bahwa kafein merupakan golongan makanan yang menyebabkan jerawat, bahkan lebih ekstrem lagi memasukkannya ke dalam golongan makanan yang membuat jerawat bertambah.

12. Buah Kering, Manisan, dan Jus Buah 

Beragam manisan termasuk jus buah adalah termasuk golongan makanan yang menyebabkan jerawat. Mengapa? Karena semua jenis makanan tersebut di atas memiliki kadar gula yang tinggi. Tentu sudah paham bukan korelasi antara kadar gula darah, insulin dan jerawat bukan?

Nah itulah mengapa sebaiknya hindari untuk banyak mengonsumsi makanan yang menyebabkan jerawat batu ini. 

13. Kacang Kedelai

Bagi yang penasaran ingin tahu apakah tempe menyebabkan jerawat? Maka simaklah uraian poin ke 13 ini baik-baik.

Kedelai sebenarnya merupakan salah satu bahan pangan alternatif yang baik untuk kesehatan. Selain itu kandungan nutrisinya juga sangat tinggi sehingga sangat baik untuk dikonsumsi, terutama dalam menjaga kesehatan kulit.

Akan tetapi sayangnya, saat ini kedelai yang beredar dan banyak digunakan sebagai bahan baku utama pembuatan tahu, tempe dan susu kedelai adalah hasil modifikasi atau hasil rekayasa secara genetik. 

Itulah mengapa pada akhirnya banyak yang menggolongkan tempe sebagai salah satu makanan yang menyebabkan jerawat gatal.

Penutup

Dari uraian di atas, terdapat banyak sekali jenis makanan yang dianggap berpotensi serta bertanggung jawab terhadap kemunculan jerawat. Namun perlu dipahami jika jerawat bukan hanya masalah menjaga makanan, namun banyak faktor lain yang mempengaruhi. 

Oleh karena itu penting jika setiap individu yang sedang mengalami masalah ini paham sebenarnya apa penyebab jerawat dan bagaimana cara mengatasi jerawat dengan benar. Lalu paham juga makanan apa yang menyebabkan jerawat batu pada wajahnya.

Demikianlah uraian tentang makanan yang menyebabkan jerawat, semoga bermanfaat dan bisa Anda hindari ya!

About admin

Check Also

cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Minyak Zaitun

Penasaran seperti apa cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun? Zaitun ialah minyak alami yang diekstrak …

Leave a Reply

Your email address will not be published.