Manfaat Tawas untuk Ketiak dan Cara Penggunaan

Permasalahan ketiak, seperti bau badan, tentunya sangat menggangu. Terlebih bai Anda yang harus bertemu orang banyak. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara mengatasinya dengan menggunakan tawas. Apa saja manfaat tawas untuk ketiak?

Manfaat Tawas untuk Ketiak

Tawas terbuat dari apa? Tawas terbuat dari bongkahan kristal yang terbuat dari garam mineral, yaitu Klaium alum. Bahan ini larut di dalam air dan aman jika terkena kulit. Menurut Food and Drug Administration di Amerika Serikat, tawas aman untuk digunakan sebagai deodorant.

Bahkan di Asia Tenggara, bahan ini sudah digunakan sebagai deodorant alamai selama ratusan tahun. Hal terseebut tentu saja ada banyak manfaat tawas untuk ketiak. Berikut penjelasannya:

1. Membantu Memutihkan Ketiak yang Hitam 

Ketiak hitam adalah salah satu permasalahan yang sering membuat tidak percaya diri. Penyebab kulit ketiak menghitam misalnya mencukur atau adanya kondisi medis tertentu.

Penggunaan tawas secara rutin bisa membantu Anda dalam mencerahkan atau memutihkan warna kulit di ketiak. Manfaat tawas untuk memutihkan kulit karena memiliki kandungan yang bisa membantu mengangkat minyak, kotoran, serta sel kulit mati.

2. Menghaluskan Kulit Ketiak

Manfaat tawas untuk ketiak selanjutnya adalah untuk menghaluskan kulit ketiak. Tawas bisa digunakan untuk mengatasi masalah tersebut karena mampu mengangkat kotoran dan minyak berlebih dari kulit.

3. Mengurangi Bau Tidak Sedap pada Ketiak

Bau tidak sedap pada ketiak disebabkan oleh bakteri yang berkembang biak. Permasalahan ini biasanya terjadi jika ketiak lembap. Anda bisa mengatasi permasalahan ini menggunakan tawas.

Tawas dapat digunakan sebagai pengganti deodorant karena dapat menghambat perkembangan bakteri di ketiak. Sehingga bahan ini isa mengurangi aroma menusuk dari ketiak.

Baca Juga :  Cara Merawat Ketiak Agar Tidak Bau Pakai Bahan Alami

4. Merawat Kulit Ketiak Setelah Mencukur

Tawas memiliki kandungan antibakteri untuk mencegah iritas setelah mencukur ketiak. Selain itu, bahan ini dapat membantu menjaga kelembaban kulit ketiak. Sehingga Anda bosa memanfaatkan bahan ini dengan mengoleskannya setelah mencukur.

5. Baik untuk Ketiak yang Sensitif

Apakah air tawas aman untuk ketiak? Karena tawas tidak memiliki kandungan senyawa kimia, jadi bahan ini aman untuk ketiak sensitif.

Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, misalnya muncul gejala iritasi atau alergi setelah menggunakan deodorant yang dijual di pasaran, maka Anda bisa mengganti deodorant tersebut dengan tawas.

Deodorant yang dijual di pasaran biasanya mengandung senyawa kimia yang bisa mengiritasi kulit sensitif. Sehingga Anda perlu mengganti deodorant ke tawas karena tidak menyebabkan iritasi kulit.

Cara Penggunaan Tawas untuk Ketiak

Tawas biasanya berbentuk bongkahan batu Kristal, namun bahan ini juga tersedia dalam bentuk lain, seperti semprot, bubuk, serta cair. Banyaknya pilihan produk tersebut membuat Anda bisa memilih sesuai selera dan kebutuhan.

Jika tawas yang Anda miliki berbentuk batu Kristal, maka berikut cara menggunakan tawas untuk ketiak:

  • Setelah selesai mandi, keringkan terlebih dahulu tubuh dan ketiak Anda menggunakan handuk.
  • Basahi bongkahan tawas dengan air secukupnya.
  • Setelah itu, oleskan batu tersebut pada ketiak secara merata. Anda bisa menggosoknya dengan gerakan atas-bawah atau memutar.
  • Pastikan tidak ada bagian yang tajam pada batu tawas tersebut agar tidak melukai kulit.
  • Biarkan ketiak mengering, lalu gunakan pakaian seperti biasa.

Selain itu, jika tawas berbentuk bubuk, Anda bisa membuatnya dalam bentuk spray. Cara membuat deodorant spray dari tawas sangat mudah.

Takaran tawas bubuk untuk ketiak adalah sekitar 3-6 sendok makan, lalu tambahkan air sekitar 60-100 ml. Setelah itu, masukkan ke dalam botol spray. Anda bisa menyemprotkannya 3-5 kali sesuai kebutuhan.

Baca Juga :  Laser Ketiak: Perawatan dan Risikonya

Demikian manfaat tawas untuk ketiak sehingga bisa membantu Anda dalam mengatasi permasalahan yang sering terjadi pada ketiak.

About admin

Check Also

pencukur bulu ketiak

Pencukur Bulu Ketiak : Tips Memilih Alat yang Baik!

Memilih alat pencukur bulu ketiak yang tepat sangat dibutuhkan. Jika Anda menggunakan alat pencukur bulu …

Leave a Reply

Your email address will not be published.