Masker Sperma Bisa Jadi Obat Jerawat? Simak!

Apakah masker sperma bisa jadi obat jerawat? Banyaknya klaim mengenai manfaat sperma untuk wajah memicu timbulnya pertanyaan mengenai kebenaran akan adanya khasiat sperma untuk kulit. Hingga banyak orang yang penasaran dan ingin mencobanya.

Memakai sperma untuk mengobati jerawat memang terdengar aneh. Nah, daripada kamu hanya menebak-nebak atau termakan hoax, sebaiknya ketahui fakta menggunakan air mani untuk dipakai sebagai perawatan wajah dalam artikel berikut ini.

Apakah Masker Sperma Bisa Jadi Obat Jerawat?    

Kegunaan masker sperma sebagai obat jerawat merupakan mitos belaka. Faktanya, informasi tersebut belum terbukti secara ilmiah. Dari pada menggunakan sperma, lebih baik gunakan obat-obatan yang telah disediakan khusus untuk menghilangkan jerawat.

Banyak orang meyakini spermine, yakin zat antioksidan dan anti-inflamasi yang ada dalam sperma, dapat menghilangkan noda bekas jerawat dan membuat awet muda. Meskipun begitu, belum ada penelitian yang memberikan bukti pasti terkait masalah tersebut.

Mitos sperma mampu mengatasi jerawat juga disebabkan oleh kandungan zinc di dalamnya. Menurut beberapa sumber, di dalam air mani yang membawa sperma, terdapat kandungan zinc sebanyak 3 persen.

Jadi, apakah masker sperma bisa jadi obat jerawat? Jawabannya adalah tidak. Alih-alih memberi manfaat, memakai masker sperma justru bisa menimbulkan efek buruk pada kesehatan.

Resiko Memakai Masker Sperma Untuk Obat Jerawat

Seperti yang sudah dijelaskan, menggunakan masker sperma sebagai obat jerawat belum dapat dibuktikan secara ilmiah. Nah, berikut ini beberapa bahaya sperma terkena kulit yang harus kamu ketahui, yaitu sebagai berikut:

1. Dermatitis Atopik

Pada beberapa orang, kandungan protein pada sperma dapat memicu reaksi alergi yang ringan sampai parah. Hal ini dikenal sebagai hipersensitivitas protein plasma mani manusia, meski begitu alergi ini sangat jarang terjadi.

Baca Juga :  17 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat

Adapun alergi ringan yang bisa dialami dapat berupa dermatitis atopik, seperti pembekakan, kulit terasa gatal dan kemerahan pada wajah. Sementara untuk kasus parah, seseorang bisa saja mengalami anafilaksis.

2. Kulit Kering

Apakah sperma bisa digunakan untuk masker? Risiko mengoleskan masker sperma sebagai obat jerawat akan menjadikan kulit terasa kering. Bukannya mengobati jerawat radang, kandungan air pada sperma justru dapat membuat kulit semakin kering.

Masker sperma bisa jadi obat jerawat sampai saat ini belum dapat dibuktikan kebenarannya secara ilmiah. Karena itu kamu perlu berhati-hati dan menghindari penggunaan sperma pada wajah.

3. Infeksi Menular Seksual (IMS) 

Penggunaan sperma untuk wajah berjerawat dan beruntusan dapat menjadi jembatan bagi penularan infeksi penyakit menular seksual. Beberapa jenis infeksi penyakit menular seksual yang dimaksud adalah herpes, gonore dan klamidia.

Sperma bisa menularkan infeksi dari individu ke individu lain melalui selaput lendir yang ditemukan pada mata, lubang hidung dan juga bibir. Penyakit menular seksual seperti herpes dan kencing nanah bisa ditularkan lewat cara ini.

Umumnya, mata manusia itu sangatlah rentan tertular infeksi. Herpes dan okular misalnya, dapat menyebabkan peradangan pada mata hingga kehilangan penglihatan. Tidak hanya itu, klamidia konjungtivitis juga bisa memicu rasa panas dan kemerahan pada mata.

Jadi, lebih baik untuk kamu tidak memakai pada kulit wajah atau bagian tubuh lainnya, karena penelitiannya masih sedikit.

Nah, itu dia ulasan lengkap dari Sapasehat untuk kamu yang penasaran apakah masker sperma bisa jadi obat jerawat. Sebaiknya kamu berkonsultasi pada dokter spesialis kulit dan kecantikan untuk mengobati jerawat pada kulit wajah yang meradang dan tak kunjung hilang.

About admin

Check Also

cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Minyak Zaitun

Penasaran seperti apa cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun? Zaitun ialah minyak alami yang diekstrak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *