Mengapa Kita Tidak Boleh Menyentuh Jerawat dengan Tangan yang Kotor

Banyak orang yang bertanya, mengapa kita tidak boleh menyentuh jerawat dengan tangan yang kotor? Menyentuh wajah dengan tangan yang belum tentu bersih bukanlah kebiasaan yang baik. Hal ini bisa berbahaya karena akan menyebabkan masalah kulit lainnya.

Jerawat adalah gangguan pada kulit yang terjadi karena penyumbatan saluran kelenjar sebasea( kelenjar penghasilan minyak). Walau bukan merupakan gangguan yang serius, tetapi jerawat dapat menimbulkan bekas parut yang mengganggu dan membuat tidak percaya diri.

Sebab Mengapa Kita Tidak Boleh Menyentuh Jerawat dengan Tangan yang Kotor

Mengapa kita tidak boleh menyentuh wajah kita? Kemunculan jerawat di wajah memang bikin gemas kalau tidak disentuh atau dipencet. Makanya banyak orang yang senang menyentuh jerawat tanpa tahu akibatnya.

Alasannya jelas, karena jerawat berpotensi meradang dan menimbulkan luka di wajah. Walaupun begitu, menyentuh wajah bukanlah penyebab utama timbulnya jerawat. Pasalnya, jerawat muncul karena penyumbatan pori-pori kulit wajah oleh sel kulit mati dan bakeri.

Namun, menyentuh jerawat dengan tangan kosong apalagi kotor justru akan dapat memperparah peradangan yang ada pada kulit  berjerawat. Kotoran tersebut mengandung bakteri sehingga apabila menyentuh wajah bisa menyebabkan infeksi.

Nah, berikut ini beberapa alasan mengapa kita tidak boleh menyentuh jerawat dengan tangan yang kosong dari Sapasehat.

1. Akan Memperburuk Jerawat   

Pada umumnya, jerawat disebabkan oleh tiga faktor, yaitu sel kulit mati yang menumpuk, minyak yang berlebihan dan bakteri. Ketika kamu sering menyentuh wajah, maka perpindahan bakteri akan semakin besar.

Hasil penelitian mengatakan untuk jangan pernah memencet ataupun berusaha menghilangkan jerawat dengan tangan. Hal ini dapat menyebabkan infeksi lebih parah, yang mana bisa meninggalkan bekas jerawat yang sulit untuk dihilangkan.

Baca Juga :  Jerawat Blackheads Bisa Diatasi dengan Mudah

2. Terjadi Infeksi pada Wajah   

Apakah sampai sekarang kamu masih sering memegang jerawat? Kotor pada tangan dan tidak menjaga kebersihan wajah juga bisa menyebabkan efek lanjutan dari iritasi yaitu dapat menimbulkan infeksi.

Akibatnya, pori-pori tersumbat mengakibatkan peradangan pada jerawat. Tidak hanya itu, kulit yang mulus akhirnya dapat tumbuh jerawat jika sering menyentuh wajah dengan tangan kotor.

3. Menyebabkan Breakout

Alasan berikutnya karena dapat menyebabkan breakout di kulit wajah. Breakout adalah jerawat yang muncul dengan jumlah banyak.

Kondisi ini terjadi ketika kamu menyentuh jerawat terus-menerus. Kenapa? Jelas karena bakteri dari jerawat yang disentuh dapat menyebar ke area sekitar wajah dan memperparah kondisi kulit kamu.

Karena itu, sebisa mungkin hindari kebiasaan menyentuh jerawat meski merasa gemas dengan benjolan kecil berwarna merah ini. Lebih baik kamu tunggu hingga jerawat matang dan sembuh dengan sendirinya.

4. Risiko Penyakit Kulit Lainnya   

Sebenarnya, tidak hanya jerawat yang bisa kamu alami ketika terlalu sering menyentuh wajah dengan tangan kotor. Faktanya, banyak penyakit kulit lainnya yang mudah menular dan bisa terjadi hanya melalui sentuhan atau bertukar handuk dengan orang lain.

Dampak buruk dari menyentuh wajah lainnya adalah memperparah risiko terkena penyakit dermatitis kontak dan herpes simpleks. Jadi, sebisa mungkin cobalah untuk mengurangi kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan.

Selain itu, selalu rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir untuk mencegah penularan berbagai infeksi penyakit kulit lainnya.

Pastinya sekarang kamu sudah tahu mengapa kita tidak boleh menyentuh jerawat dengan tangan yang kotor. Jika terjadi jerawat, kamu perlu melakukan perawatan kulit dengan rajin menggunakan skincare yang cocok bagi kulit wajah.

Baca Juga :  Ciri-Ciri Jerawat Breakout dan Cara Mengatasinya

About admin

Check Also

ciri jerawat begadang

Ciri Jerawat Begadang, Inilah Cara Mengatasinya

Apa itu ciri jerawat begadang? Tahukah kamu, bahaya begadang atau kurang tidur ternyata tak hanya …

Leave a Reply

Your email address will not be published.