Mengapa Kita Tidak Boleh Menyentuh Jerawat dengan Tangan yang Kotor

Jerawat adalah masalah pada kulit. Banyak orang yang ingin segera menghilangkannya dengan memencet jerawat. Padahal itu justru memperparah. Mengapa kita tidak boleh menyentuh jerawat dengan tangan yang kotor simak penjelasan artikel ini.

mengapa kita tidak boleh menyentuh jerawat dengan tangan yang kotor

Ini bisa berbahaya karena akan menyebabkan masalah kulit lainnya seperti iritasi, peradangan, penyumbatan pori-pori oleh kulit mati, bakteri, sampai minyak. Berikut ini akan dijelaskan alasan mengapa kita tidak boleh menyentuh jerawat dengan tangan yang kotor.

Tangan Kotor Tidak Boleh Menyentuh Wajah

Tangan yang kotor justru akan memperparah peradangan yang ada pada jerawat. Wajah Anda juga ikut kotor. Kotoran tersebut mengandung bakteri sehingga apabila menyentuh pada wajah bisa menyebabkan infeksi.

Kotoran tersebut juga bisa menyumbat pori-pori wajah sehingga minyak akan keluar lebih banyak. Produksi sebum berlebih dan ini yang menyebabkan timbulnya jerawat.

Tak hanya itu, sel kulit mati juga akan semakin banyak sehingga menimbulkan noda hitam atau bekas jerawat yang tak kunjung sembuh. Itulah alasan mengapa kita dilarang menyentuh jerawat dengan tangan yang kotor.

Larangan ini juga berlaku ketika Anda memencet jerawat dengan tangan kotor. Ini malah menyebabkan peradangan yang lebih parah.

Usahakan untuk menyentuh wajah setelah tangan sudah dibersihkan terlebih dahulu. Cucilah menggunakan sabun sebelum menyentuh wajah atau memakai makeup.

Dampak Menyentuh Jerawat dengan Tangan Kotor

Berikut ini adalah akibat sering menyentuh wajah dengan tangan kotor yang bisa menyebabkan masalah kulit lainnya, seperti berikut:

1. Bekas Jerawat Susah Hilang

Menyentuh wajah menyebabkan jerawat dan menimbulkan bekas jerawat yang susah hilang. Bekasnya akan berwarna lebih gelap karena terjadi trauma ketika Anda menyentuh sampai memencetnya secara paksa.

Hal ini disebabkan karena adanya trauma sehingga membutuhkan waktu panjang untuk menyembuhkannya sama seperti luka pada kulit.

Baca Juga :  Ciri-Ciri Jerawat Mau Sembuh yang Biasa Dijumpai

2. Jerawat Iritasi

Jerawat yang dipencet dengan tangan kotor dapat memicu iritasi yang disertai dengan warna kemerahan. Apalagi bisa memicu timbulnya nanah dan jerawat baru di area wajah.

Jerawat juga bisa menyebabkan luka dan perih ketika sengaja atau tidak sengaja dipencet oleh tangan yang kotor.

3. Infeksi

Apa akibat sering memegang jerawat? Hal ini bisa menyebabkan efek lanjutan dari iritasi yaitu dapat menimbulkan infeksi. Kotoran yang ada di tangan mengandung bakteri sehingga dapat menginfeksi wajah apabila bersentuhan.

Akibatnya, pori-pori tersumbat membuat peradangan pada jerawat. Selain itu, kulit yang mulus juga akhirnya dapat tumbuh jerawat jika sering menyentuh wajah dengan tangan kotor.

4. Breakout

Breakout adalah jerawat yang timbul dengan jumlah banyak. Salah satu penyebabnya karena Anda menyentuh wajah yang berjerawat dengan tangan kotor. Hal ini terjadi karena bakteri yang ada di jerawat akan berpindah dan menyebar ke area wajah lainnya.

Dengan demikian, timbul benjolan-benjolan kecil di sekitar wajah. Oleh sebab itu, hindari memencet jerawat walau jerawat tersebut sudah besar. Tunggulah sampai jerawat matang dan hilang dengan sendirinya.

Cara Menghilangkan Kebiasaan Memegang Wajah

Anda perlu melakukan langkah berikut agar menghilangkan kebiasaan buruk ini:

  • Membuat kertas pengingat yang diletakkan di tempat yang sering dibaca.
  • Sibukkan tangan.
  • Niatkan dalam kepala.
  • Mengetahui akibat sering menyentuh jerawat.
  • Pakai sarung tangan.

Penutup

Demikian sedikit penjelasan dari SapaSehatku tentang mengapa kita tidak boleh menyentuh jerawat dengan tangan yang kotor. Jika terjadi jerawat, Anda perlu melakukan perawatan kulit dengan rajin menggunakan skincare. Pastikan juga tangan bersih saat menyentuh wajah.

 

About admin

Check Also

cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Minyak Zaitun

Penasaran seperti apa cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun? Zaitun ialah minyak alami yang diekstrak …

Leave a Reply

Your email address will not be published.