Kepoin, Mengapa Pada Masa Pubertas Remaja Sering Mengalami Jerawat?

Masa pubertas adalah masa perubahan bentuk fisik tubuh, terutama wanita. Di masa ini, terkadang sering mengalami masalah jerawat. Lalu mengapa pada masa pubertas remaja sering mengalami jerawat dan apa penyebabnya?

Jerawat yang muncul pada saat pubertas disebut sebagai jerawat puber yang biasa terjadi pada remaja usia 10-13 tahun. Lalu, apa saja penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Mari kita simak bersama.

Alasan Jerawat Puber Muncul 

Pada dasarnya, jerawat muncul saat puberbertas karena perubahan kondisi hormone tubuh. Hormon tubuh ini yang menjadi pemicu utama seorang remaja muncul jerawat di permukaan kulitnya. Hal ini dialami baik wanita dan laki-laki.

Untuk lebih jelasnya, jerawat disebabkan karena 4 faktor, yaitu:

1. Produksi Sebum Berlebih 

Sebum adalah zat yang memproduksi kalenjar minyak. Sebum sebenarnya memiliki manfaat untuk mencegah kulit kering. Tetapi, jika diproduksi secara berlebihan maka zat ini bisa memunculkan timbulnya jerawat.

2. Perubahan Hormon 

Perubahan hormone adalah faktor utama munculnya masalah mengapa pada masa pubertas remaja sering mengalami jerawat. Pada saat pubertas, produksi hormon berlebih seperti testosteron dan androgen bisa menyebabkan munculnya jerawat.

3. Ada Sumbatan Folikel Rambut 

Sumbatan folikel rambut juga bisa mengundang jerawat. Hal ini disebabkan karena adanya sel kulit mati dan produksi sebum yang berlebihan sehingga pori-pori manjadi tersumbat. Akibatnya, jerawat akan muncul di daerah tersebut.

4. Infeksi Bakteri 

Penyebab mengapa pada masa pubertas remaja sering mengalami jerawat juga karena adanya infeksi bakteri. Contoh bakterinya adalah Propionibacterium acnes. Bakteri ini muncul apabila Anda tidak rutin membersihkan wajah sehingga bakteri menjadi berkembang dan menyumbat folikel rambut.

Akhirnya timbul peradangan dan jerawat aktif.

Cara Mengatasi Jerawat Saat Masa Pubertas 

Setelah mengetahui penyebab munculnya jerawat di atas, Anda juga perlu mengetahui cara mengatasi jerawat di masa pubertas. Ini dia langkah-langkahnya:

Baca Juga :  Jerawat di Hidung: Pertanda dan Solusi untuk Kulit yang Sehat

1. Rutin Mencuci Muka

Jerawat akan muncul jika kita tidak sering mencuci muka karena kotoran akan terus menempel dan menyebabkan tersumbatnya pori-pori kulit. Oleh sebab itu, biasakan untuk mencuci muka dua kali sehari. Di pagi dan malam hari.

Pilihlah sabun khusus wajah agar lebih aman dan tidak menyebabkan kulit wajah mengering.

2. Krim Jerawat

Jika Anda sudah mengalami munculnya jerawat, maka segera obati menggunakan krim wajah. Ada berbagai merek terkenal yang ampuh untuk cara menghilangkan jerawat dengan cepat.

Pilihlah yang memiliki kandungan benzoyl peroxide karena ini bisa membunuh bakteri penyebab jerawat. Anda bisa mencarinya ke toko obat atau skincare favorit Anda dengan memilih krim yang sesuai dengan kondisi kulit Anda.

Jika berminyak pilih yang bisa mengatasi minyak berlebih begitu pula sebaliknya.

3. Gunakan Pelembab 

Cara paling ampuh untuk menghilangkan jerawat selanjutnya adalah menggunakan pelembab. Banyak orang yang menghindari pelembab karena takut memperparah jerawat karena menjadi semakin berminyak.

Padahal, ini adalah anggapan yang kurang tepat. Kulit berminyak dan kulit lembab adalah kondisi yang berbeda. Bahkan kulit lembab dapat membantu Anda mencegah jerawat.

Jadi, meskipun berjerawat Anda juga perlu untuk memakai pelembab namun, pilihlah yang bebas minyak.

Jika jerawat tidak kunjung membaik maka Anda disarankan untuk berkonsultasi ke dokter kecantikan untuk mendapatkan penanganan yang tepat sesuai dengan jenis kulit Anda.

Itulah penjelasan mengapa pada masa pubertas remaja sering mengalami jerawat yang bisa terjadi karena beberapa faktor, salah satunya perubahan hormon. Anda dapat mengatasinya menggunakan cara-cara di atas. Semoga bermanfaat.

About admin

Check Also

cara menghilangkan jerawat dan bekasnya sampai tuntas1

Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Sampai Tuntas: Panduan Lengkap

Jerawat dan bekasnya adalah dua masalah kulit yang umum dialami oleh banyak orang. Jerawat dapat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *