Penyebab Benjolan di Kelamin Wanita Seperti Jerawat

Ada Sebagai wanita penting sekali untuk menjaga kebersihan daerah kewanitaan. Tidak hanya mencegah terjadinya keputihan tapi juga mencegah timbulnya benjolan di kelamin wanita seperti jerawat

Benjolan Di Kelamin Wanita Seperti Jerawat

Benjolan yang sangat mirip jerawat ini muncul akibat beberapa faktor. Bisa karena penyumbatan pori-pori di area kewanitaan oleh bakteri, kotoran, hingga keringat. Di artikel kali ini akan kamu temui ulasan mengenai penyebab munculnya benjolan tersebut beserta cara penanganannya. Berikut untuk info selengkapnya.

Penyebab Munculnya Benjolan Di Kelamin Wanita Seperti Jerawat

Benjolan yang muncul tiba-tiba di sekitar area miss v bentuknya mirip jerawat yang berwarna merah. Beberapa diantaranya juga ada yang mengandung nanah yang akan terasa sakit saat ditekan. Ada beberapa penyebab yang bisa memicu kondisi tersebut, diantaranya:

  • Munculnya jenis eksim dikarenakan terjadi kontak kulit dengan suatu zat yang dapat memicu alergi, sering disebut dermatitis kontak. Dermatitis kontak jadi pemicu paling umum yang biasa menyebabkan munculnya benjolan.  Zat pemicu alergi yang dimaksud bisa bermacam-macam. Bisa karena pembalut, sabun pembersih, berbagai produk kewanitaan, pelumas, kondom, air mani, dan lain sebagainya.
  • Bisa juga disebabkan oleh folikulitis yaitu kondisi yang dikarenakan terjadinya peradangan di sekitar folikel (rongga tempat tumbuh rambut) rambut kemaluan. 

Hal ini bisa terjadi karena infeksi ketika mencukur rambut, penggunaan dalaman ketat, dan bisa juga karena adanya rambut yang tumbuh ke dalam.

  • Adanya kemungkinan kamu mengidap kista di vagina maupun di bibir vagina. Kondisi ini dapat ditandai dengan munculnya benjolan yang berisi cairan atau nanah.
  • Adanya jerawat inversa dikarenakan peradangan kulit kronis yang terbilang langka. Jerawat jenis ini bisa muncul pada payudara bagian bawah dan pangkal halaman.
  • Adanya kelebihan kulit yang menimbulkan penebalan berupa benjolan kecil di area kewanitaan. Ini tidaklah membahayakan dan tidak perlu penanganan medis.
  • Infeksi akibat virus yang disebut moluskum kontagiosum. Adanya infeksi ini mengakibatkan munculnya bisul di beberapa bagian tubuh termasuk daerah intim wanita.
  • Infeksi virus Herpes Simpleks juga bisa memunculkan benjolan di kelamin wanita. Benjolan ini akan disertai rasa kesemutan hingga nyeri pada area vagina. Karena kondisi ini menular maka dokter akan menyarankan untuk tidak berhubungan intim sementara waktu.
Baca Juga :  Cara Mengatasi Jerawat Mendem? Berikut Tips-Tipsnya

Cara Mengatasi Benjolan Di Area Kewanitaan

Saat kamu mendapati benjolan di kelamin wanita seperti jerawat, kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan sebagai langkah penyembuhan. Diantaranya:

  1. Kamu bisa memeriksakan ke dokter spesialis kelamin. Dokter kemudian akan mengecek dan memastikan apakah benjolan yang ada benar jerawat atau bukan. Kamu perlu menjelaskan secara detail untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.
  2. Jika sudah dipastikan bahwa benjolan tersebut adalah jerawat. Dokter akan menyarankan untuk selalu menjaga kebersihan organ intim dan menjaga organ tetap kering.
  3. Setelah dibersihkan dengan handuk bersih selalu pastikan daerah kewanitaan bersih dan tidak terkontaminasi.
  4. Dengan tetap menjaga kebersihan, benjolan lambat lain akan mengempis sendiri.
  5. Apabila semakin parah, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter kembali dan meminta pengobatan topikal dari dokter.
  6. Saat benjolan masih ada maka kamu perlu menghindari penggunaan produk kewanitaan untuk sementara waktu.
  7. Jangan lupa untuk hindari penggunaan pakaian dalam yang ketat. Kamu juga perlu menghindari hubungan intim sementara waktu untuk menyembuhkan benjolan layaknya jerawat.

Penyebab dan cara mengatasi benjolan di kelamin wanita seperti jerawat dapat menambah wawasan kamu di bidang kesehatan organ intim. Yang terpenting, untuk terhindar dari kondisi ini rajin-rajinlah merawat kesehatan dan kebersihan miss-v.

About admin

Check Also

cara menghilangkan jerawat dan bekasnya sampai tuntas1

Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Sampai Tuntas: Panduan Lengkap

Jerawat dan bekasnya adalah dua masalah kulit yang umum dialami oleh banyak orang. Jerawat dapat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *