Penyebab Ketiak Berbau dan Cara Mengatasinya

Ada baiknya Anda perlu mengetahui penyebab ketiak berbau. Meskipun sudah mandi, terkadang ketiak tetap saja berbau. Hal ini tentu saja sangat mengganggu. Terlebih jika Anda harus bertemu dengan banyak orang.

Meskipun kondisi ini biasa terjadi pada kebanyakan orang, namun ketiak berbau tentunya akan membuat siapa saja menjadi minder dan tidak percaya diri. Kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan, namun ada baiknya jika Anda memahami penyebab ketiak berbau ini.

5 Penyebab Ketiak Berbau

Tubuh dipenuhi oleh kelenjar keringat. Keringat memiliki fungsi yang penting bagi tubuh, khususnya untuk mendinginkan tubuh. Akan tetapi permasalahan yang sering terjadi adalah timbulnya bau di ketiak. Berikut beberapa penyebab ketiak berbau:

1. Salah Menggunakan Antiperspiran

Pada umumnya orang menggunakan antiperspiran atau deodorant di pagi hari setelah mandi. Namun, ternyata cara tersebut tidak efektif. Menurut pendapat dokter, antiperspiran ini paling efektif ketika digunakan saat hendak tidur.

Sebagian antiperspiran bekerja selama 24 jam, sehingga akan tetap efektif meskipun digunakan pada malam hari. Antiperspiran ini bekerja dengan menyumbat kelenjar keringat di ketiak untuk keluar. Dengan penggunakaan di malam hari, maka akan lebih efektif digunakan.

Sebagai cara mengatasinya, pastikan Anda menggunakan antiperspiran yang tepat dan bukan produk penghilang bau ketiak berupa deodorant karena hanya menutupi bau keringat sesaat.

2. Adanya Rambut Keringat

Keberadaan rambut keringat terutama yang lebat bisa menjadi penyebab ketiak berbau. Hal ini dikarenakan rambut ketiak bisa memerangkap lebih banyak keringat dan menyebabkan munculnya bakteri. Sehingga menyebabkan bau ketiak tidak kunjung hilang.

Selain itu, kulit yang tertutup rambut cenderung lebih sulit dibersihkan. Itulah yang menjadi penyebab munculnya bau tidak sedap dari ketiak.

Baca Juga :  Cara Membersihkan Bulu Ketiak dengan Aman

Untuk cara mengatasinya, Anda bisa mencukur rambut bagian ketiak. Berdasarkan penelitian, cara ini bisa membantu mengatasi bau ketiak secara efektif.

3. Adanya Bakteri Berlebih di Ketiak

Pada permukaan kulit terdapat perpaduan antara bakteri baik dan buruk. Pada ketiak, kondisi ini juga terjadi. Jika kondisi dari bakteri tersebut tidak seimbang, maka bisa menyebabkan bau badan yang semakin kuat.

Biasanya bakteri ini dalam kondisi normal yang seimbang. Akan tetapi, terkadang keseimbangannya terganggu dan menyebabkan jumlah bakteri buruk semakin banyak. Hal ini bisa menjadi penyebab ketiak bau pahit.

Cara mengatasi bau ketiak akibat bakteri ini bisa dilakukan dengan mudah, misalnya mengganti sabun. Pilihlah sabun yang mengandung anti bakteri. Anda bisa menggunakannya minimal dua kali sehari untuk memaksimalkan manfaatnya.

4. Mengonsumsi Obat

Konsumsi obat tertentu bisa menyebabkan masalah bau ketiak. Hal ini dikarenakan obat tersebut menyebabkan keringat keluar lebih banyak sehingga bau badan semakin lebih menyengat.

Beberapa obat bisa menjadi penyebab hiperdrosis atau keringat berlebih. Oleh karenanya, pastikan Anda memperhatikan kandungan obat dan konsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsinya.

Cara mengatasi kondisi ini dapat Anda lakukan dengan konsultasi ke dokter.

5. Terjadinya Infeksi

Timbulnya benjolan berupa jerawat di ketiak menjadi salah satu penyebab terjadinya bau tidak sedap. Kondisi ini terutama jika terjadi hanya pada satu bagian ketiak saja dan tentunya menyebabkan ketiak bau sebelah.

Hal tersebut dikarenakan benjolan pada ketiak bisa menjadi celah masuknya bakteri. Benjolan pada ketiak tersebut akan menghilang sendiri setelah beberapa waktu.

Pastikan Anda tidak mencukur ketiak sementara waktu hingga muncul benjolan pada ketiak. Akan tetapi, jika benjolan tersebut tidak kunjung hilang, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga :  Cara Mengukur Lingkar Ketiak Pada Baju

Demikian penjelasan Sapasehatku tentang penyebab ketiak berbau dan cara mengatasinya. Semoga bisa membantu Anda mengatasi permasalahan bau ketiak.

About admin

Check Also

jamur pada ketiak

Jamur Pada Ketiak : Gejala, Pencegahan, dan Cara Atasi

Ketiak yang terasa gatal tentunya membuat membuat tidak nyaman, terlebih saat berada di keramaian. Anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published.