Perbedaan Jerawat dan Bruntusan dan Cara Hilangkan

Jerawat dan bruntusan sering sekali limbul di wajah. Masalah kulit ini sering membuat resah, misalnya saja bruntusan di jidat yang sangat menggangu penampilan. Namun apakah Anda mengetahi Perbedaan Jerawat dan Bruntusan? Kali ini akan dijelaskan perbedaan keduanya.

Perbedaan Jerawat dan Bruntusan

Beruntusan sekilas terlihat seperti jerawat mini. Akan tetapi keduanya berbeda. Ciri-ciri bruntusan yang utama dapat dilihat dari ukurannya.

Selain itu, perbedaan Jerawat dan Bruntusan terlihat pada kemunculannya di wajah. Bruntusan biasanya muncul secara berkelompok. Bereda dengan jerawat yang iasanya muncul satu per satu di permukaan kulit.

Beruntusan terjadi karena diakibatkan oleh penyumbatan poripori oleh minyak dan sel kulit mati, sedangkan jerawat umumnya disebabkan karena banyak hal, seperti penyumbatan pori, hormon, hingga reaksi akibat alergi.

Ketika pertama kali muncul, biasanya bruntusan akan terlihat seperti kulit yang tidak merata serta tanpa disertai warna merah meradang. Namun, rasa gatal yang timbul dari bintik-bintik ini membuat orang untuk menggaruk sehingga terasa perih bahkan iritasi.

Penyebab Munculnya Beruntusan

Setelah membahas Perbedaan Jerawat dan Bruntusan Anda perlu mengetahui penyebab munculnya bruntusan.

Selain disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori dan disertai dengan adanya sel kulit mati, ada beberapa hal lainnya yang menjadi pemicu timbulnya bruntusan. Berikut beberapa pemicu timbulnya bruntusan:

  • Terlalu sering terpapar sinar matahari. Keringat yang diakibatkan oleh panas sinar matahari dapat menyumbat pori-pori dan mengakibatkan iritasi.
  • Sisa makeup yang menempel pasa kulit dan mengakibatkan penyumbatan pori-pori wajah.
  • Jarang melakukan pembersihan wadah secara mendalam atau eksfoliasi kulit. Bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan, disarankan untuk melakukan eksfoliasi dua kali seminggu untuk mengangkat sel kulit mati di wajah.
  • Sering kontak dengan peralatan yang kotor, seperti brush makeup, handung, atau sarung bantal.
Baca Juga :  Apakah Lidah Buaya Bisa Menghilangkan Jerawat?

Faktor Pemicu Penyumbatan Pori

Berikut beberapa faktor pemicu penyumbatan pori-pori kulit yang mengakibatkan timbulnya beruntusan:

  • Adanya perubahan hormon androgen saat menstruasi, hamil dan masa pubertas sehingga mempengaruhi produksi minya berlebih.
  • Mengalami stress yang menjadi pemicu perubahan hormon dan kebiasaan tidur atau makan yang tidak teratur.
  • Sering menyentuh wajah yang berjerawat menggunakan tangan kotor.
  • Jarang membersihkan wajah setelah menggunakan makeup.
  • Jarang mencuci muka menggunakan sabun khusus pencuci muka.

Cara Menghilangkan Beruntusan

Ada beberapa cara menghilangkan bruntusan yang bisa Anda lakukan agar kulit wajah bebas dari bruntusan.

1. Double Cleansing 

Setelah melakukan berbagai aktivitas seharian, Anda bisa membersihkan wajah dengan double cleansing. Ambil sedikit cleanser berbasis krim untuk membersihkan sisa dari makeup. Setelah itu, Anda bisa menggunakan facial wash untuk membersihkan dari debu dan kotoran.

2. Rutin Eksfoliasi

Eksfoliasi berguna untuk mengangkat sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori kulit. Selain itu, kulit yang dibersihkan dari sel kulit mati akan membuat produk skincare lebih mudah meresap dan bekerja dengan baik pada kulit.

Namun Eksfoliasi ini jangan terlalu sering dilakukan karena bisa merusak kulit. Anda bisa melakukannya paling banyak dua kali seminggu.

3. Menggunakan Masker Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki banyak sekali manfaat. Tumbuhan ini dapat digunakan untuk melembabkan kulit secara alami dan meredakan iritasi yang terjadi akibat bruntusan. Anda bisa menggunakannya dalam bentuk gel sebagai pelembab atau sleep mask.

4. Menggunakan Cuka Apel atau Belerang

Anda bisa menggunakan cuka aple atau produk skincare yang memiliki kandungan belerang. Cuka apel ini memiliki kandungan asam asetat yang bisa membantu peradangan atau infeksi pada kulit.

Baca Juga :  Bintik Merah di Wajah Tapi Bukan Jerawat, Apa Bahaya?

Selain itu, belerang dipercaya sebagai antibakteri terhadap bakteri penyebab jerawat. Anda bisa menggunakannya sebagai spot treatment sebelum tidur. Namun, Anda perlu menggunakan pelembab keesokan harinya karena kedua kandungan ini mengakibatkan kulit kering.

Demikian perbedaan jerawat dan bruntusan, penyebab, serta cara mengatasinya. Semoga Sapasehat bisa membantu Anda dalam mengatasi permasalahan Perbedaan Jerawat dan Bruntusan yang sering terjadi pada kulit wajah.

About admin

Check Also

ciri jerawat begadang

Ciri Jerawat Begadang, Inilah Cara Mengatasinya

Apa itu ciri jerawat begadang? Tahukah kamu, bahaya begadang atau kurang tidur ternyata tak hanya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *