Perbedaan Jerawat Tanda Hamil dan Haid, Pastikan Tahu!

Jerawat adalah tanda bahwa tubuh kamu sedang mengalami gejolak atau kenaikan hormon. Jerawat pada wanita biasanya muncul saat haid, tapi tahukah kamu kalau jerawat juga muncul pada saat masa kehamilan? Sudah tahu belum perbedaan jerawat tanda hamil dan haid?

Apa saja sih tanda jerawat saat hamil dan apa bedanya dengan jerawat yang timbul pada masa haid atau menstruasi. Biar nggak bingung lagi, yuk simak artikel kali ini sampai akhir untuk menambah pengetahuan kamu mengenai tanda jerawat haid dan hamil yang tepat.

Mengapa Timbul Jerawat Saat Hamil?

Pada saat seorang wanita sedang dalam masa kehamilan, maka hormon wanita tersebut akan mengalami kenaikan gejolak sama seperti haid. Itulah mengapa wanita yang sedang hamil juga mengalami timbul jerawat pada wajah. Tapi ada bedanya lho, antara jerawat yang timbul pada saat masa haid dan pada saat masa hamil, jadi pastikan tahu dengan baik.

Perbedaan Jerawat Tanda Hamil dan Haid

Ada 3 perbedaan jerawat tanda hamil dan haid yang perlu kamu ketahui:

1. Waktu dan Lama Durasi Timbulnya Jerawat

Cara pertama dalam perbedaan jerawat tanda hamil dan haid adalah dengan memperhatikan waktu dan lama durasi timbulnya jerawat di wajah kamu. Ciri-ciri jerawat menstruasi waktu timbulnya di wajah adalah saat mendekati masa haid.

Sedangkan jerawat hamil timbul di wajah pada saat masa kehamilan dimulai. Selain itu, kemunculan jerawat tanda hamil juga diiringi dengan perubahan pada kulit wajah yang tampak lebih kusam.

Jerawat tanda hamil muncul pada saat masa kandungan masih muda, karena wajah sedang memproduksi sebum alami dengan intensitas yang lebih besar.

2. Letak Jerawat

Selanjutnya adalah perbedaan pada letak munculnya jerawat di wajah. Ciri-ciri jerawat mau haid akan timbul di wajah namun letak munculnya jerawat tidak beraturan alias tidak menentu, atau umumnya bisa di bagian dahi dan dagu, atau pipi.

Baca Juga :  Manfaat dan Cara Mengatasi Jerawat dengan Daun Kelor

Letak timbulnya jerawat haid lebih tidak menentu dan jerawat yang muncul biasanya hanya beberapa saja dan ukurannya sedang bahkan agak kecil.

Untuk letak jerawat tanda hamil biasanya muncul pada bagian T-Zone wajah kamu. Yakni bagian dahi, hidung, serta dagu dengan kemunculan jerawat yang lebih banyak. Jika jerawat tanda haid dipegang atau ditekan, maka akan menimbulkan rasa sakit.

Jerawat tanda hamil lebih mirip seperti kondisi bruntusan, kecil-kecil dan banyak. Selain di bagian wajah, jerawat tanda hamil juga bisa muncul pada bagian leher, punggung, dan bahu.

3. Kondisi Jerawat

Perbedaan yang terakhir adalah kondisi dari jerawat tersebut. Jerawat haid biasanya agak bandel untuk disembuhkan menggunakan obat totol jerawat. Maksudnya, sembuhnya agak lama dan bisa menimbulkan bekas.

Sedangkan, pada jerawat hamil yang muncul selama masa kehamilan akan menghilang atau sembuh dengan sendirinya. Hal ini dapat disamakan seperti pregnancy glow, kondisi di mana ibu hamil memiliki wajah yang cerah dan bersinar.

Sama seperti pregnancy glow, jerawat tanda hamil akan timbul dan sembuh sendiri setelah masa kehamilan berakhir, yang ditandai dengan lahirnya si kecil.

Itulah 3 perbedaan yang perlu kamu ketahui untuk bisa membedakan ciri-ciri jerawat menstruasi atau haid dengan jerawat tanda kehamilan.

Sekian artikel pembahasan dari sapasehatku mengenai 3 perbedaan jerawat tanda hamil dan haid yang perlu kamu ketahui, agar tidak salah dalam menangani timbulnya jerawat pada wajah kamu. Semoga artikel ini bermanfaat!

About admin

Check Also

cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Minyak Zaitun

Penasaran seperti apa cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun? Zaitun ialah minyak alami yang diekstrak …

Leave a Reply

Your email address will not be published.