Tuliskan Cara Mengatasi Jerawat Saat Pubertas?

Salah satu tanda seorang remaja mengalami pubertas, bermunculannya jerawat di area sekitar wajah. Bagi kamu yang di masa remaja, kemunculan jerawat tentunya sangat menyebalkan karena merusak penampilan harian kamu, kan? Tapi jangan khawatir, di artikel ini akan ada ulasan tuliskan cara mengatasi jerawat saat pubertas.

Tuliskan Cara Mengatasi Jerawat Saat Pubertas

Alternatif beberapa cara berikut terbilang mudah untuk dilakukan. Terlebih lagi, selain bisa mengatasi jerawat, cara-cara berikut bisa mencegah jerawat biasa ataupun jerawat batu untuk tidak bermunculan kembali jika kamu rutin melakukannya. Berikut info selengkapnya.

1. Membersihkan Wajah

Untuk menjaga kebersihan tubuh jadi salah satu cara ampuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Sama halnya jika kamu tidak ingin berjerawat, rajin-rajinlah membersihkan wajah di pagi hari dan menjelang tidur di malam hari. 

Jangan lupa untuk menggunakan produk pembersih wajah yang cocok untuk tipe kulit kamu. Saat berjerawat hindari memilih pembersih yang mengandung scrub karena akan membuat jerawat lebih meradang dan lebih iritasi.

Salah pilih sabun pembersih wajah akan membuat kulit wajah kering dan bahkan bisa menyumbat pori yang akhirnya malah memicu timbulnya jerawat. 

Membersihkan wajah di masa pubertas jadi hal yang sangat penting untuk menghindarkan kulit wajah dari jerawat dan kusam. Kulit juga akan lebih sehat dan kekenyalannya atau elastisitasnya terjaga jika rutin dibersihkan setiap hari. Anda juga bisa mencoba beberapa produk moisturizer untuk mengatasi jerawat di wajah.

2. Menggunakan Produk Penyembuh Jerawat

Tuliskan cara mengatasi jerawat saat pubertas? Salah satu jawabannya yaitu menggunakan produk penyembuh jerawat.

Terkadang remaja tidak terlalu ambil pusing ketika wajahnya disinggahi jerawat. Jerawat yang tidak ditindak dengan benar malah akan memicu pertumbuhan jerawat yang lebih banyak. Sama halnya pembersih muka, kamu juga harus jeli memilih produk obat jerawat. 

Baca Juga :  Sabun Muka Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

Penyebab timbulnya jerawat umumnya dikarenakan pori-pori wajah tersumbat oleh kelebihan sebum dan sel kulit mati. 

Untuk membersihkan kotoran tersebut pilihlah produk perawatan jerawat yang mengandung salicylic Acid yang mampu menghilangkan sel kulit mati serta membasmi bakteri dan kuman yang membuat jerawat semakin meradang. Pilih juga obat jerawat yang mengandung benzoyl peroxide yang juga ampuh membunuh bakteri.

Perhatikan betul kandungan aktif pembasmi jerawat yang ada dalam suatu produk penyembuh jerawat. Pilihlah yang sesuai dengan tipe kulit kamu dan tepat untuk mengatasi jenis jerawat yang ada di wajah kamu.

3. Rutin Menggunakan Pelembab Wajah

Pelembab wajah tidak hanya dipakai saat kulit bermasalah tapi juga dipakai untuk mengatasi jerawat. Ketika wajah tetap terjaga kelembabannya jerawat akan lebih cepat kering dan sembuh. 

Penting untuk memilih produk obat jerawat yang bebas minyak agar produksi sebum tidak semakin banyak yang justru membuat jerawat makin lama sembuhnya. Pilihlah produk pelembab yang cocok untuk acne treatment 

4. Hindari Penggunaan Make up Berlebih dan Paparan Sinar Matahari

Saat diminta tuliskan cara mengatasi jerawat saat pubertas maka penting untuk tidak membebani wajah dengan penggunaan make up yang berat. Jenis make up yang harus kamu hindari selama berjerawat yaitu bedak, foundation, dan concealer. 

Ketiga produk tersebut dapat semakin menyumbat pori-pori yang beresiko akan memperparah kondisi jerawat. Selain penggunaan makeup, kamu juga harus menghindari paparan sinar matahari langsung yang bisa memperparah jerawat kamu.

5. Berkonsultasi Dengan Dokter Kulit

Saat remaja pubertas ada beberapa kasus dimana jenis jerawat yang diidap remaja tergolong jerawat yang sulit sembuh. 

Ketika kamu sudah melakukan segala jenis perawatan untuk penyembuhan jerawat dan tidak ada perubahan, sebaiknya kamu segera mengkonsultasikannya ke dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang paling tepat. 

Baca Juga :  Makanan yang Mungkin Membuat Jerawat: Mitos vs. Fakta

Pertanyaan mengenai tuliskan cara mengatasi jerawat saat pubertas? Sudah terjawab. Saat kamu berada di masa pubertas penanganan jerawat dengan cepat dan tepat jadi hal utama agar jerawat tidak semakin bertambah banyak dan parah seiring perubahan hormon dalam tubuhmu.

About admin

Check Also

cara menghilangkan jerawat dan bekasnya sampai tuntas1

Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Sampai Tuntas: Panduan Lengkap

Jerawat dan bekasnya adalah dua masalah kulit yang umum dialami oleh banyak orang. Jerawat dapat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *